Medan, 26/3 (Antara) - Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) akan menyiapkan pengadaan angkutan khusus untuk mendukung pengoperasian Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang dalam waktu dekat ini.

"Sarana angkutan penumpang ini harus segera dipersiapkan mengingat tidak lama lagi Bandara Internasional Kualanamu akan beroperasi," kata Kepala Dishub Sumut Anthoni Siahaan di Medan, Selasa.

Menurut Anthoni, angkutan khusus yang disediakan ini nantinya secara khusus akan melayani penumpang pesawat terbang dan dapat menjadi alternatif sarana transportasi selain kereta api.

Angkutan khusus tersebut, lanjutnya, harus disediakan untuk membantu kelancaran kegiatan operasional Bandara Kualanamu yang letaknya jauh dari Ibukota Provinsi Sumut.

"Angkutan khusus harus disediakan sehingga masyarakat yang berangkat menggunakan jasa pesawat penerbangan di Bandara Kualanamu tidak terganggu, dan dapat sampai di bandara tepat waktu," ujarnya.

Anthoni mengatakan masyarakat yang mau ke bandara atau sebaliknya tidak perlu repot-repot menggunakan kendaraan pribadi dengan kehadiran angkutan khusus itu.

Dishub Sumut menyiapkan pengadaan angkutan khusus tersebut secara bertahap. Saat ini pihaknya akan membuka pendaftaran bagi perusahaan yang mengikuti tender.

"Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi perusahaan, baik dari Medan, Pematang Siantar dan daerah lainnya untuk mengikuti tender pengadaan angkutan khusus tersebut," katanya.

Lebih lanjut, Anthoni Siahaan menyebutkan dalam proses penerimaan proposal pengadaan sarana transportasi itu, Dishub Sumut hanya menerima saja dan tidak berhak menentukan.

Menurut dia, yang menentukan pemenang tender tersebut nantinya adalah Kementerian Perhubungan. Seleksi terhadap perserta tender akan dilakukan secara selektif dan ekstra ketat serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dishub Sumut memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua operator untuk dapat melayani transportasi ke Bandara Kualanamu," kata Anthoni Siahaan.***3***

 

(T.M034/B/A. Salim/A. Salim)

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013