Medan, 7/1 (ANTARA) - Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho mengungkapkan Tapanuli Tengah perlu mengembangkan potensi wisata yang dimiliki untuk mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah.

"Karena pengembangan sektor wisata akan memberi kemajuan bagi pembangunan daerah ini, sehingga ikut mendorong bangkitnya sektor-sektor ekonomi lainnya," katanya di Pandan, Sabtu malam saat ramah-tamah dengan tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan warga Tapanuli Tengah (Tapteng).

Pertemuan ini merupakan rangkaian dari berbagai acara kunjungan kerja Gatot ke beberapa daerah termasuk ke Tapteng. Dalam acara tersebut juga tampak hadir Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang.

Gatot menyampaikan bahwa Tapteng sangat berpotensi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah pantai barat, mengingat daerah itu banyak memiliki sumber daya alam yang sangat potensial.

"Sektor pariwisata di Tapteng juga sangat potensial untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, mengingat keindahan wisata laut daerah itu memang tidak kalah dengan daerah lainnya," ucapnya.

Menurut dia, sektor pariwisata ini sangat penting dikelola, karena bila sektor ini sudah maju juga dapat membangkitkan sektor lainnya, baik ekonomi maupun pendidikan, demikian juga dengan sektor budaya.

Namun untuk pembangunan pariwisata itu, jelas Gatot, tentunya juga harus diiringi dengan pembangunan infrastruktur lainnya, dan Pemerintah Provinsi akan terus mengalokasikan dana kedaerah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Sumut mengapresiasi acara tersebut, karena bisa bertatap muka langsung dengan masyarakat. Melalui acara ini, juga akan semakin mempererat tali silaturrahim antara pemerintah dengan masyarakatnya.

Sementara itu, Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang menyampaikan rasa syukur dengan kehadiran Gatot Pujo Nugroho di tengah-tengah masyarakat dalam upaya mendengar anspirasi dan masukan langsung dari warga.

"Ramah tamah ini sengaja kita gelar karena saat ini masih dalam suasana tahun baru, dan semoga dengan semangat yang serba baru ini, kita akan terus membangun daerah ini agar mencapai kemajuan dari berbagai sektor," kata Bonaran.

Ia berharap dukungan masyarakat terhadap pemerintahan yang sekarang, di mana telah banyak memberikan bantuan untuk daerah ini, terutama dalam hal anggaran pembangunan.

Gatot menjelaskan, sebelumnya, Tapteng hanya mendapat alokasi anggaran sekitar Rp160 miliar dari Pemprov Sumut dan anggaran tersebut meningkat menjadi Rp190 miliar pada 2012. Sedangkan pada tahun ini rencananya akan mendapat anggaran sekitar Rp200 miliar.

***2*** (T.M034/B/S004/S004) 07-01-2013 07:28:53

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013