Komisi Pemilihan Umum Provinsi(KPU) Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi setempat yang akan digunakan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) diperkirakan tiba pada 2 November 2024.

"Estimasi sampai di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, tanggal 2 November 2024. Itu tanggal paling lama, bisa jadi lebih cepat dari itu," ujar Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut Robby Effendy, di Medan, Jumat.

Robby mengatakan pencetakan surat suara tersebut dilakukan oleh PT Gramedia Cikarang yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Info dari penyedia di tanggal 20 atau 21 Oktober proses loading dan berangkat dari pabrik Gramedia Cikarang diberangkatkan via laut menuju Pelabuhan Belawan, Kota Medan," kata Robby.

Nantinya, kata dia, surat suara yang dicetak 11.054.918 lembar itu akan didistribusikan di 33 kabupaten/kota yang tersebar di 455 kelurahan dan 6.110 desa.

"Surat suara yang dicetak dari daftar pemilih tetap (dpt) ditambah 2,5 persen 11.052.918, ditambah cadangan sebanyak 2.000 jadi totalnya 11.054.918 lembar," sebut dia.

Robby mengatakan jumlah pemilih di wilayah ini berdasarkan daftar pemilih tetap yang telah ditetapkan sebanyak 10.771.496 orang.

"Masyarakat yang menggunakan hak suaranya tersebar di 25.223 jumlah tempat pemungutan suara," sebut dia.

Sebelumnya, mantan Komisioner KPU Binjai ini mengatakan logistik tahap satu yang berisikan kabel ties, segel, tinta, bilik dan kotak telah didistribusikan di 33 kabupaten/kota.

"Logistik yang didistribusikan itu berupa kabel ties, segel, tinta, bilik dan kotak. Pendistribusian itu sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait," ujarnya.

Pada Pilkada 2024 diikuti dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur yakni pasangan Bobby Nasution-Surya nomor urut 1 dan Edy Rahmayadi-Hasan Basri nomor urut 2.

Pasangan Bobby Nasution-Surya diusung oleh gabungan partai politik yang terdiri dari Partai NasDem, PKS PAN, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat, Partai Perindo dan PSI.

Sedangkan, pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri diusung oleh Partai Hanura, PDI Perjuangan, PKN, Partai Buruh, Partai Gelora dan Partai Ummat.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024