Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sumatera Utara Agus Walujo Tjahjono, SH, M.Hum, dipercaya menjadi Ketua PN Palembang Kelas IA Khusus, Sumatera Selatan. 

“Benar, dari hasil rapat Tim Promosi dan Mutasi (TPM) hakim, yang dikeluarkan Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung pada Rabu (9/10), saya dipromosikan menjadi Ketua PN Palembang,” kata Agus Walujo ketika dihubungi dari Medan, Jumat (11/10) malam.

Agus Walujo mengungkapkan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan pimpinan Mahkamah Agung. 

“Saya berterima kasih atas amanah ini dan setelah dilantik, saya siap untuk memberikan yang terbaik bagi PN Palembang,” ujar dia.

Agus Walujo akan menggantikan posisi Dju Jhonson Mira Mangngi, yang dipromosi menjadi Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar, Bali.

Diketahui Agus Walujo menjabat sebagai Wakil Ketua PN Medan Kelas IA Khusus sejak 3 Januari 2024. Agus menggantikan Dr Dahlan, SH, MH, yang dipercaya menjabat sebagai Ketua PN Jakarta Barat.

Agus Walujo Tjahjono memiliki karir yang cemerlang dalam dunia peradilan. Ia memulai karirnya sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Sleman pada Juni 1997. 

Selama dua tahun, ia mengasah kemampuannya sebelum ditugaskan sebagai hakim di PN Arga Makmur, Bengkulu, dari April 1999 hingga Oktober 2001. 

Pengalaman ini menjadi batu loncatan untuk penugasan berikutnya di berbagai pengadilan di Indonesia, termasuk PN Negara dan PN Kepanjen, Jawa Timur.

Pada Februari 2014, Agus menjabat sebagai Ketua PN Dompu, di mana ia berhasil membawa pengadilan tersebut meraih penghargaan ADHI DANDAPALA sebagai Juara III dalam Penilaian Kinerja Pengadilan Negeri Kelas II Tingkat Nasional. 

Keberhasilan ini mengukuhkan reputasinya sebagai pemimpin yang kompeten dan berdedikasi.

Setelah itu, pria kelahiran asal Probolinggo, Jawa Timur itu diangkat menjadi Hakim di PN Denpasar hingga Maret 2018. 

Selanjutnya, Agus menjabat sebagai Wakil Ketua PN Mojokerto dan kemudian sebagai Ketua PN Mojokerto. 

Ketika menjabat sebagai ketua, Agus membawa PN Mojokerto meraih Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Desember 2019.

Setelah menjabat di  PN Mojokerto, Agus dipromosikan sebagai Ketua PN Gresik dari Februari 2022 hingga Januari 2024. 

Di bawah kepemimpinannya, PN Gresik meraih berbagai penghargaan, termasuk Piagam Penghargaan Peraih IKPA Triwulan II Tahun 2022 dengan nilai 98,26 dari Kantor KKPN Surabaya II.

Kemudian, Piagam Apresiasi dari Kementerian Keuangan RI atas partisipasi dalam mendukung digitalisasi informasi perkara dan Pengakuan sebagai pengadilan terbaik dalam beberapa kategori, seperti pelaksanaan peradilan elektronik dan keterbukaan informasi.

Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan dedikasi Agus dalam meningkatkan kualitas pelayanan di lingkungan peradilan, serta upayanya dalam menciptakan sistem yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Agus menegaskan komitmennya untuk meneruskan inovasi dan reformasi yang telah sukses diterapkan di pengadilan sebelumnya. 

“Saya berharap dapat meningkatkan akses keadilan bagi masyarakat, serta menjaga transparansi dan akuntabilitas jika sudah bertugas di PN Palembang,” ujar Agus Walujo Tjahjono.

Pewarta: Aris Rinaldi Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024