Sedikitnya ada dua titik badan jalan Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tertimbun material longsor akibat tingginya intensitas hujan belakangan ini.

Demikian Kepala Dinas PUPR Tapsel Fachri Ananda Harahap yang didampingi Kabid Binamarga Wilayah II PUPR Tapsel Oskar Hensera Daulay di Sipirok, Jumat.

Kedua titik badan jalan provinsi yang ditimbun material longsor tanah bercampur bebatuan dan pepohonan sekira belasan meter berlokasi di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tapsel.

"Satu titik di ruas jalan Sipirok - Tandosan (tepatnya Simpang Tandosan, Desa Simangambat Godang  dan kedua pada ruas Jalan Simpang Tandosan - Simangambat - Sipagimbar, Desa Sidapdap Simanosor," katanya.

Baca juga: Jalan lintas tengah Sumatera Batu Jomba putus total, ini dia jalan alternatifnya

Ruas jalan provinsi yang tertimbun longsor pada pagi atau subuh tadi merupakan jalur alternatif untuk menghindari lintas ruas jalan nasional daerah Batu Jomba, Sipirok yang telah putus total.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel dikabarkan juga telah dilokasi membawa alat berat untuk melakukan evakuasi material longsor dari badan jalan.

Sementara Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tapsel AKP Daniel Saragih melalui ANTARA berpesan agar para pengendara kendaraan yang hendak bepergian dari arah Padangsidimpuan - Medan atau sebaliknya untuk melewati jalur yang lebih aman.

"Kita minta kendaraan yang hendak bepergian untuk sementara menghindari via Toba (Batu Jomba) dan Pangaribuan, dan mengambil jalur lintas Barat atau Timur dari Rantau Prapat atau Sibolga," ujarnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024