Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan penguatan kapasitas persiapan sekretariat di jajarannya dalam mendukung administrasi di pemilihan serentak tahun 2024.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sumut Feri Mulia Siagian, di Medan, Selasa mengatakan penguatan itu sangat penting dilakukan dalam mendukung pesta demokrasi yang berkualitas.

“Sebagai supporting system dalam pengelola keuangan kita harus meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan," ujar Ferry Mulia.

Dengan begitu, kata dia, seluruh jajaran dapat memantau seluruh penggunaan anggaran, mengelola laporan keuangan dengan lebih efektif, serta memastikan setiap pengeluaran dapat dipertanggungjawabkan.

"Karena setiap pengeluaran untuk pembayarannya sudah menggunakan Non-tunai sehingga bisa lebih tertib lagi dalam pertanggungjawaban administrasi-nya," kata dia.

Pengelolaan keuangan yang baik dan transparan, dia melanjutkan tidak hanya akan membantu dalam menjalankan tugas dan fungsinya, tetapi juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap integritas dan akuntabilitas pada lembaga.

Oleh karena itu, dia berharap seluruh Kepala Sekretariat Bawaslu kabupaten/kota maupun kecamatan untuk bersama-sama mendukung upaya ini, agar administrasi keuangan lembaga dapat berjalan dengan maksimal.

“Mari kita jaga integritas dan profesionalisme kita dalam setiap aspek pekerjaan," sebut dia.

Koordinator Divisi Humas dan Datin Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu secara terpisah mengapresiasi upaya sekretariat bawaslu dalam mendukung pesta demokrasi yang berkualitas.

“saat ini tahapan kampanye membutuhkan fokus pengawasan melekat serta persiapan pengawasan masa tenang, oleh karena itu, teman-teman pengawas harus tetap jaga solidaritas," ujar Saut Boangmanalu.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024