Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan menghadirkan motivator teman sebaya, Syakirah Tazkiyah Pulungan. 

Ia merupakan salah seorang siswa di MAN 2 Model Medan, dalam rangka riset dan inovasi siswa Indonesia di LPKA Medan, Rabu.

"Kami bersinergi bersama Lembaga-lembaga Pendidikan maupun civitas akademik yang berperan psikoedukasi untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis anak binaan di LPKA Medan," kata Kepala LPKA Kelas I Medan Khairul Bahri Siregar.

Sementara itu, Kepala Seksi Perawatan
Reinaldi Hutagalung mengatakan kehadiran Motivator "Teman Sebaya" ini menjadi daya tarik tersendiri serta meningkatkan antusiasme anak binaan LPKA Medan dimana mereka dengan khidmat mengikuti acara tersebut.

"Luar biasa semangat Anak Binaan LPKA Medan mengikuti acara ini, semoga menjadi motivasi lebih bagi mereka," harapnya.

Selanjutnya, Nurussakinah Daulay salah satu Guru Pembimbing MAN 2 Model Medan sekaligus Dosen dan Psikolog di UIN Sumatera Utara mengatakan bahwa membentuk seseorang yang mempunyai kepribadian tangguh, tidak gampang menyerah, mampu mencari jalan keluar saat menghadapi masalah tentu tidak bisa dilakukan dalam sekejap. 

Ada proses yang mesti dilalui untuk menghasilkan karakter semacam itu. Hal ini dinilai relevan sebagai pembinaan mental dan kepribadian anak binaan di LPKA Medan. 

"Psikoedukasi merupakan metode edukatif yang ditujukan untuk memberikan informasi dan melatih Anak Binaan untuk dapat menangani masalah yang berpotensi merusak kesehatan mental mereka yang akhirnya menjadi pencetus perilaku-perilaku yang maladaptif lainnya. Bagi Anak Binaan pasti lebih lebih termotivasi, terlebih yang menyampaikan bukan hanya petugas pembinanya namun oleh teman sebayanya," ucapnya. 


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024