PT Pos Indonesia menargetkan sebanyak tiga juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada 2024, sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian.


"Saat ini yang sudah terdata baik by name, address maupun produk mencapai 2,3 juta UMKM, tahun ini kami menargetkan tiga juta UMKM," ujar Vice President Corporate Communication PT Pos Indonesia Heri Nugrahanto di Medan, Rabu.

Heri mengatakan, pihaknya selalu mendukung penuh terhadap perkembangan UMKM di Indonesia sebagai peningkatan perekonomian di wilayah ini.

lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya telah menyiapkan semua kantor Pos sebagai showroom UMKM.

Untuk stimulus seperti, membuat UMKM corner dan fulfillment atau tempat penyimpanan barang sementara untuk menekan biaya logistik.

Selain itu, Pos Indonesia membuka para pelaku UMKM untuk menjadi agenda pos.

Menurut Heri, keuntungan untuk menjadi agen mendapatkan diskon 20 persen, dan bisa mengkoordinir UMKM di seputar tempat agen tersebut.

"Jadi bisa di jemput oleh pihak pos setempat, dan juga mendapatkan diskon 10 persen lagi," kata dia.

Heri mengatakan untuk menjadi agen pos tersebut tidak dikenakan biaya, hanya saja harus memiliki komputer, wifi, timbangan dan lainnya sebagai tempat pendukung.

Hal ini sebagai upaya Pos Indonesia untuk memudahkan para pelaku UMKM di daerah manapun dalam mengirim barang dan lainnya kepada pembeli.

Di sisi lain, Di usianya yang ke-278 tahun, Pos Indonesia atau PosIND terus melakukan transformasi bisnis melalui berbagai inovasi layanan logistik dan kurir menjadi perusahaan logistik nasional.
 
Langka transformasi bisnis yang dilakukan Pos Indonesia sejalan dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen.

Berbagai langkah transformasi yang telah dilakukan terutama pada digitalisasi produk, diversifikasi, serta penggunaan teknologi otomasi untuk menunjang layanan kurir dan logistik yang cepat dan efisien.

Pos Indonesia tak lagi hanya perusahaan kurir yang melakukan pengiriman surat atau dokumen semata, tetapi juga mencakup layanan logistik antar daerah dan negara, layanan remitansi, financial, dan lainnya.

salah satu Bentuk inovasi yang dilakukan oleh PosIND adalah membuka Pos Bloc di sejumlah kota besar di Indonesia, salah satunya yaitu Pos Bloc Medan.

Pos Bloc adalah komitmen PosIND memberikan ruang kreatif bagi masyarakat baik pelaku usaha, komunitas, dan kalangan lainnya.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024