Pembangunan ruas jalan Maga - Kelurahan Tano Bato Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sepanjang 1,6 Kilometer (Km) selesai diaspal hotmix.

Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution didampingi Kepala Dinas PUPR, Ir Elpiyanti Harahap ST, Selasa (10/9) menyampaikan, ruas jalan yang dibangun itu memiliki lebar tiga meter dan bahu jalan satu meter. Jalan yang dibangun itu juga memiliki drainase. 

Ia menyampaikan, jika anggaran pembangunan jalan itu bersumber dari bonus produksi perusahaan geothermal atau panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) dengan anggaran sebesar Rp 2,4 miliar

"Sumber dana pembangunan jalan ini dari bonus produksi perusahaan panasbumi. Tahun depan pembangunannya ini dilanjutkan lagi," kata Atika saat peninjauan.

Atika mengajak masyarakat agar sama-sama merawat dan menjaga jalan tersebut. Dia juga menyebut jalan itu dipergunakan untuk kepentingan umum.

"Kami mengimbau tidak digunakan untuk kendaraan melebihi muatan (tonase) jalan kabupaten," pesannya.

Warga di lokasi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Madina terlebih kepada pihak perusahaan karena masyarakat telah nyata menikmati bonus dari produksi panas bumi di wilayah itu. 

Selain pembangunan fasilitas umum, perusahaan PT SMGP juga telah melakukan pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sejumlah program baik di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan UMKM.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024