Pemerintah Kota Medan di Provinsi Sumatera Utara optimistis kembali meraih piala Adipura setelah dua tahun berturut-turut mendapatkan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
 
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan M Sofyan menyebut, pada 2023 Kota Medan meraih piala Adipura, dan pada 2022 Kota Medan mendapat sertifikat Adipura.
 
"Dari prestasi yang sudah kita raih selama dua tahun berturut itu, kita optimis tahun 2024 ini Kota Medan akan kembali meraih Adipura," kata Sofyan, di Medan, Kamis.
 
Pihaknya mengaku, penilaian Adipura 2024 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI hanya menilai satu kali.
 
Untuk itu, pihaknya juga meminta seluruh jajaran perangkat daerah, khususnya di kewilayahan agar mempersiapkan dengan sebaiknya titik-titik pantau yang menjadi objek penilaian.

"Sebelum tim penilai datang, kita sudah harus mempersiapkan titik pantau yang dikunjungi. Ini sangat penting, karena tim penilai hanya datang sekali," jelas Sofyan.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan M Husni menuturkan, bahwa titik pantau Adipura 2024 meliputi Sistim Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN).
 
Kemudian, ruas jalan arteri sekunder, jalan kolektor sekunder dan jalan lokal sekunder, drainase, saluran terbuka/shalter terbuka, sungai, sekolah adiwiyata, Puskesmas, dan RSUD.

Selanjutnya kantor organisasi perangkat daerah Kota Medan, Stasiun Kereta Api, pelabuhan dan terminal, program kampung iklim, dan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle.
 
"Kawasan bebas sampah, pasar dikelola PUD Pasar, Medan Zoo, taman, hutan kota, ruang terbuka hijau, bank sampah induk, bank sampah unit dan tempat pemrosesan akhir sampah," jelas Husni.
 
Pihaknya juga memerlukan kolaborasi seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan untuk mempertahankan penghargaan Adipura seperti tahun sebelumnya.
 
"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan untuk mempertahankan Adipura, karena apabila kita dapat meraih Adipura tiga kali berturut-turut maka kita akan mendapatkan Adipura Kencana," bilang Husni.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024