Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal telah menerima hasil tes  kesehatan para Bakal Calon (Bacalon) Bupati dan wakil Bupati Madina yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Haji Medan pada Minggu (1/9) lalu.

Adapun kedua pasangan Bacalon bupati/wakil bupati yang melakukan pemeriksaan kesehatan itu adalah pasangan Saipullah Nasution - Atika Azmi Utammi Nasution dan pasangan Harun Musthafa Nasution - Muhamad Ichwan Husein Nasution.

Dalam pemeriksaannya, kedua pasangan calon menjalani sejumlah pemeriksaan diantaranya adalah kesehatan fisik, jiwa dan penyalahgunaan narkoba.

Ketua DivisiTeknis Penyelenggaraan KPU Madina, Muhammad Yasir Nasution yang dikonfirmasi ANTARA, Kamis (5/9) mengatakan, hasil tes kesehatan kedua para bakal pasangan calon dinyatakan lolos dan memenuhi persyaratan.

Hasil pemeriksaan sendiri diserahkan langsung oleh perwakilan rumah sakit Haji Medan, drg Anda Siregar kepada KPU Madina pada Rabu (4/9) di Medan.

"Hasilnya sudah keluar.Hasil kesimpulan dari pemeriksaan kesehatan kedua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dinyatakan fit dan layak berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan," katanya.

Dengan keluarnya hasil itu, kedua bakal pasangan calon dinyatakan telah memenuhi tahapan persyaratan oleh KPU Mandailing Natal.

Pasca keluarnya hasil Pemeriksaan Kesehatan tersebut lanjut dia, hasil Rikkes tersebut akan di tindaklanjuti ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebagai bagian dari proses pemeriksaan terhadap persyaratan Calon Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2024.

Diterimanya berita acara hasil pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah ini sudah sesuai dengan jadwal tahapan yang ditentukan oleh peraturan.

Dia menjelaskan, keseluruhan hasil penelitian administrasi syarat para calon akan disampaikan pada tanggal 5 atau 6 September. Dan apabila masih ada persyaratan yang disampaikan belum memenuhi syarat maka pasangan calon masih diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sampai tanggal  8.

"KPU menyampaikan banyak terimakasih kepada tim pemeriksa juga kepada pihak rumah sakit yang telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan calon dengan lancar,baik, dan aman," katanya.

Pewarta: Holik

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024