Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara mengatakan memberikan pengetahuan tentang public speaking atau berbicara di depan umum, dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi anak binaan.

"Kegiatan pembelajaran public speaking ini diikuti sebanyak 30 anak binaan di LPKA Kelas I Medan," ujar Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kelas I Medan Achmad Kholil Siregar di Medan, Rabu.

Achmad mengatakan kegiatan tentang berkomunikasi ini dapat meningkatkan kepercayaan diri, melakukan komunikasi dengan baik, dan juga dapat menumbuhkan kemampuan dalam mengendalikan suasana dan mempertajam daya ingat bagi anak binaan di tempat ini.

Lebih lanjut, menurut Achmad, kegiatan itu merupakan pertama yang digelar di LPKA Kelas I Medan, dengan harapan anak binaan tersebut mendapatkan pembelajaran yang berdampak akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

"Kegiatan ini sebagai upaya kami untuk menumbuhkan semangat anak binaan tersebut dan terus berkreasi dan berinovasi," kata dia.

Praktisi dari Yayasan Pelatihan Moralitas Budi Pekerti Bangsa Indonesia (Dizigui Medan) Lao Shi Er Nasution mengatakan kegiatan public speaking ini sebagai salah satu kemampuan yang harus ditumbuhkan dalam diri anak binaan agar dapat berkompetisi dalam dunia kerja untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa jiwa kepemimpinan juga dapat membentuk mental yang kuat sehingga memiliki jiwa yang mampu menghadapi tantangan dan dapat menghadapi masalah tanpa berpotensi menjadi tindak kekerasan atau stres dalam menghadapi masalah tersebut.

"Kemampuan kepemimpinan seseorang tidak muncul begitu saja,tapi harus dibentuk, dipelajari dan dilatih sejak kecil," kata dia.

Karena, menurut Lao Shi, memiliki keterampilan tentang kepemimpinan jika ditumbuhkan sejak kecil akan membentuk rasa tanggung jawab, tekun, disiplin, percaya diri dan mampu berkomunikasi yang memberikan keuntungan bagi masa depan anak binaan tersebut.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024