Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu memastikan ada tiga bakal pasangan calon yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak 2024, setelah masa pendaftaran resmi ditutup pada Kamis, 29 Agustus 2024 sekira pukul 23:59 WIB.

"Kita pastikan tiga calon yang akan bersaing pada Pilkada serentak 2024 ini setelah pendaftaran resmi ditutup pada 23:59 WIB malam tadi,” jelas Ketua KPU Labuhanbatu, Zafar Sidik Pohan, kepada wartawan, Jumat sore.

Zafar menyampaikan, bakal pasangan calon atau Bapaslon yang mendaftar sebagai Bupati Labuhanbatu dan Wakil Bupati yakni, Maya Hasmita-Jamri (MARI), kemudian pasangan Hendri Syahputra Daulay-Ellya Rosa Siregar (HERO) dan pasangan Faizal Amri Siregar-Raja Fanny Fatahillah (FAZA).

Tahapan pemilihan terus dilakukan hingga hari pencoblosan pada 27 November 2024 mendatang. 

Secara teknis, pihaknya masih menggelar pemeriksaan kesehatan kepada seluruh pasangan calon sampai tanggal 2 September. Sedangkan penetapan calon akan digelar pada 22 September 2024.

“Saat ini masih tahap pemeriksaan kesehatan terhadap para paslon, untuk penetapan calon dilaksanakan pada 22 September 2024 nanti,” jelasnya.

Dari hasil pengamatan wartawan, bakal pasangan calon yang mengikuti Pilkada serentak 2024, sama-sama memiliki peluang besar untuk menang.

Maya Hasmita diusung 8 partai politik dengan raihan 109.445 suara sah, istri mantan Bupati Labuhanbatu non aktif Erik Atrada Ritonga ini, memiliki massa besar setelah didampingi Jamri yang juga merupakan Kepala Desa Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan.

Sedangkan pasangan Hendri Syahputra Daulay mendaftar ke KPU Labuhanbatu dengan diusung empat partai politik, diantaranya Partai Gerindra, PDI-P, PAN dan Perindo. Hendri dinilai memiliki peluang besar usai menggandeng Ellya Rosa Siregar yang menjabat sebagai Plt. Bupati Labuhanbatu.

Bukan hanya kedua pasangan itu saja, Faizal Amri Siregar atau biasa dipanggil Nanda, juga memiliki peluang memenangkan Pilkada 2024 ini. 

Pasangan ini dinilai matang karena pernah bertarung pada Pilkada sebelumnya, ditambah saat ini membawa Raja Fanny Fatahillah, wakil muda yang energik.
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024