Pemerintah Kabupaten Langkat menunjukkan keseriusannya dengan menggelar kegiatan Risk Assessment untuk memastikan keamanan dan kesiapan daerah sebagai salah satu tuan rumah olahraga Sambo dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal itu disampaikan Kadis Kominfo Langkat Wahyudiarto, di Stabat, Sabtu (24/8).

Dimana bukti keseriusan itu dilakukan dengan mengecek kesiapan dengan peninjauan langsung ke Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri (GOR)  Stabat, lokasi yang akan menjadi arena pertandingan cabang olahraga Sambo.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Tim Risk Assessment Baharkam Mabes Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Agung Budi Pratomo, S.I.K., M.H., yang datang untuk memeriksa kesiapan Kabupaten Langkat sebagai salah satu tuan rumah PON XXI. 

Agung Budi Pratoma menjelaskan bahwa assessment ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya chaos, terutama pada acara besar yang dihadiri oleh lebih dari 3.000 orang.

"Assessment ini mencakup berbagai aspek seperti infrastruktur, kesehatan, keamanan, keselamatan dan pusat informasi yang menjadi perhatian utama kami agar semuanya dapat terkodinir dengan baik," jelasnya. 

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy, menegaskan bahwa keamanan adalah prioritas utama dalam kesuksesan penyelenggaraan PON. “Kami telah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, tetapi masukan dari Tim Baharkam Polri sangat berharga untuk penyempurnaan lebih lanjut.

Dalam peninjauan ke venue yang akan mempertandingkan cabang olahraga Sambo Faisal Hasrimy, Kapolres AKBP David Triyo Prasojo dan Tim Baharkam Mabes Polri melakukan peninjauan langsung ke GOR Stabat untuk memastikan bahwa semua aspek kesiapan telah dioptimalkan. 

Tim Baharkam Mabes Polri memberikan sejumlah rekomendasi tambahan yang perlu dipenuhi oleh Pemkab Langkat guna memastikan seluruh persiapan berjalan dengan lancar.

Dengan pelaksanaan Risk Assessment ini, Pemkab Langkat bersama Polres Langkat dan Tim Baharkam Mabes Polri menunjukkan komitmen kuat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi para atlet, official, dan masyarakat yang akan berpartisipasi serta menyaksikan pertandingan cabang olahraga Sambo pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

“Langkat siap menghadapi PON dengan seluruh persiapan yang matang dan kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik,” ungkap Faisal Hasrimy, 

Hadir juga Kadis PUTR Khairul Azmi, S.STP, Kadis Kesehatan dr Juliana MM, Kadispora Ngaturken PA, M.Pd, Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun, S.STP.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024