Proses Pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara yang akan menjadi arena penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut terus dikebut.

Quantity Enginering Tongam Manullang mengatakan proses pengerjaan stadion kebanggaan masyarakat Sumut itu telah dilakukan sejak 13 September 2023 dan direncanakan selesai  pada 13 September 2024.

"Proses pembangunan sudah mencapai  90 persen dan target akan selesai pada awal September 2024 mendatang, sehingga dapat digunakan untuk penutupan PON 2024," ujar Tongam Manullang, di Deli Serdang, Kamis.

Dia menyebut bahwa stadion yang berlokasi di Desa Sena Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deli Serdang itu memiliki 25.750 kapasitas yang terdiri dari berbagai kategori.

Adapun kategori yang dibangun, kata dia, seperti kategori VVIP,VIP dan kategori reguler yang masing masing pengerjaannya memasuki tahap terakhir.

"Pengerjaan stadion itu menggunakan APBN yang secara keseluruhan mencapai Rp587 miliar," kata dia.

Saat ini, lanjut dia, proses pengerjaan stadion kebanggaan Sumut ini tengah digencarkan sehingga pada pelaksanaan penutupan PON 2024 dapat dilaksanakan dengan lancar.

Hal itu, dia menambahkan merupakan komitmen pemangku kebijakan terkait dalam menyukseskan perhelatan olahraga nasional tersebut.

"Dengan menjelangnya pelaksanaan PON 2024,  proses pembangunan stadion tersebut terus digencarkan," sebut dia.

Pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut dibuka pada 8 September 2024 di Aceh oleh Presiden Joko Widodo, dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Sumatera Utara mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 602 nomor pertandingan yang diikuti 9.938 yang terdiri dari atlet dan ofisial

Pewarta: Devanya Siregar/ Ranles Sinaga

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024