Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara melakukan sosialisasi pemahaman tentang hak kekayaan intelektual (HAKI) di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, Kamis.

"Pentingnya perlindungan terhadap inovasi dan karya intelektual, terutama di lingkungan akademik yang menjadi sumber lahirnya berbagai penelitian dan penemuan baru," ujar Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumut Alex Cosmas Pinem dalam kesempatan tersebut.

Alex menekankan bahwa universitas dengan sumber daya sebesar ini perlu aktif dalam melindungi hasil-hasil riset dan inovasi mereka melalui pendaftaran HAKI.

"Kami berharap melalui "workshop" ini, sivitas akademika Universitas Panca Budi semakin sadar akan pentingnya perlindungan hak kekayaan intelektual, dan aktif mendaftarkan hasil-hasil penelitiannya sebagai paten," kata dia.

"Workshop" ini disambut antusias oleh para peserta, baik dosen maupun mahasiswa, yang ingin memperdalam pengetahuan mereka mengenai prosedur pendaftaran HAKI, serta manfaat hukum dan ekonomi yang dapat diperoleh dari perlindungan paten. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Universitas Panca Budi dapat memaksimalkan pengembangan dan perlindungan inovasi di Sumatera Utara.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024