Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Baharuddin mengatakan mahasiswa baru harus dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal selama menjalani pendidikan di perguruan tinggi negeri tersebut.

"Kami berharap adik-adik mahasiswa baru dapat mengembangkan potensinya secara maksimal di kampus ini. Mari menjadikan Unimed sebagai jalan untuk meraih masa depan yang lebih baik," katanya di Medan, Kamis, saat membuka acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

PKKMB yang digelar dari Kamis (15/8) hingga Sabtu (17/8) diikuti 8.849 mahasiswa yang telah dinyatakan lulus di tujuh fakultas di lingkungan Unimed dari tiga jalur penerimaan, yakni seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

Tujuan PKKMB tersebut adalah untuk menyiapkan mahasiswa baru, melewati proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa dan membantu mempercepat proses adaptasi di lingkungan yang baru serta memberikan bekal untuk keberhasilan menempuh pendidikan di Unimed.

"Selamat datang adik-adik mahasiswa baru. Tahun ini ada 8.849 mahasiswa baru yang akan menempuh studinya di kampus ini. Kalian adalah yang terpilih dari 58 ribuan pendaftar yang memilih Unimed untuk meraih masa depannya," kata Prof Baharuddin.

Ia menyampaikan, selain pengenalan dunia kampus, PKKMB menjadi tradisi karena memuat nilai-nilai positif di dalamnya, dan juga sebagai media untuk menjalin hubungan kekeluargaan sesama mahasiswa baru.

Serta mengenalkan mahasiswa baru dengan para senioran dan dosen-dosen yang akan mendidik mereka nantinya selama kuliah di kampus tersebut. Selama pelaksanaan PKKMB, mahasiswa baru juga diberikan berbagai masukan terkait perkuliahan.

"Unimed adalah kampus yang meraih predikat unggul di Sumut. Ini yang membuat masyarakat berlomba-lomba masuk Unimed," kata Prof Baharuddin.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024