Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun membangun gedung sanggar seni dan budaya di Pamatang Raya, Kamis (8/8).

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, pembangunan gedung ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah agar tidak hilang tergerus perkembangan zaman. 

Pesan Bupati supaya, gedung ini tidak hanya sebagai tempat seremonial saja, akan tetapi sebagai sarana bagi generasi muda untuk mempelajari seni dan budaya daerah Simalungun.

Dengan demikian, keberadaan gedung ini dapat menciptakan rasa patriotisme generasi muda terhadap budaya Simalungun. 

Ketua Partuppuan Pemangku Adat Budaya (PPABS) Simalungun Jan Togu Damanik menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun yang telah memperhatikan budaya Simalungun dengan cara membangun gedung Budaya Simalungun.

Dia berharap, gedung sangar budaya ini nantinya akan dapat meningkatkan budaya Simalungun, karena di gedung ini nantinya akan dipajangkan seluruhnya pameran budaya Simalungun. 

Gedung Sanggar Seni dan Budaya di Pamatang Raya merupakan gedung satu lantai dengan luas lantai 480 meter persegi, dilengkapi dengan sarana pendukung seperti pendopo, patung Budaya Simalungun, pagar, pelataran, drainase, sumur bor dan menara air.

Ada juga ruangan untuk pemangku adat, organisasi adat pemuda, pertemuan, pengelola, gudang pameran, ruang pameran, UMKM dan toilet.

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024