Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada media atas liputan musim haji tahun ini berjalan baik.
 
"Terima kasih banyak seluruh insan pers," ungkap Qosbi dalam media gathering dengan tema 'Sukses Penyelenggaraan Haji 1445H/2024M', di Medan, Rabu (7/8).
 
Terutama, lanjut dia, kepada juru warta yang telah menyiarkan informasi kepada masyarakat luas, sehingga mereka mengetahui situasi pelaksanaan musim haji tahun ini.
 
 
Data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan menyatakan, 8.697 calon haji Sumatera Utara tergabung dalam 25 kloter telah diberangkatkan ke tanah suci mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024.
 
Sementara data PPIH Debarkasi Medan menyebut, 8.673 haji kembali ke Tanah Air pada 24 Juni sampai 22 Juli 2024, lalu 21 jamaah haji wafat di tanah suci, dan tiga haji dirawat di rumah sakit Arab Saudi.
 
"Alhamdulillah, berkat kawan-kawan media pelaksanaan ibadah haji 1445H/2024M di Embarkasi/Debarkasi Medan berjalan lancar, dan informasi tersiar secara baik," tegas dia.
 
Pihaknya juga mengapresiasi awak media atas PPIH Embarkasi/Debarkasi Medan telah diberikan penghargaan konsistensi memberikan pelayanan terbaik terhadap jamaah haji Sumatera Utara.
 
Qosbi mengibaratkan awak media sebagai guru tajwid yang bertugas memberi tahu ketika pihaknya melakukan kesalahan dalam pemberangkatan maupun pemulangan jamaah haji.
 
"Saya harap para pejabat atau kepala daerah jangan alergi, apabila bertemu wartawan. Jangan berpikir, kalau ketemu wartawan harus mengeluarkan uang. Tapi berilah informasi yang bermanfaat," terang dia.
 
Ketua Panitia Kegiatan Media Gathering Kantor Wilayah Kemenag Sumatera Utara Yusridha Afifah Batubara mengungkapkan tujuan kegiatan ini diseminasi penyelenggaraan haji 1445H/2024M.
 
Acara media gathering ini diikuti 50 rekan media yang diisi diskusi dan tanya jawab serta pemaparan Ketua Tim Humas, Data dan Informasi Kantor Wilayah Kemenag Sumatera Utara Mulia Banurea.
 
"Media gathering juga meningkatkan tali silaturahmi Kantor Wilayah Kemenag Sumatera Utara dan insan pers, khususnya di Sumatera Utara," tutur Yusridha.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024