Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tandatangani kesepahaman kerjasama  (MoU) sebagai bentuk komitmen kolaborasi dalam rangka membangun ekosistem digital yang melibatkan mahasiswa.

Penandatangan naskah MoU dilakukan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili oleh Wakil Rektor (WR) III, Dr. Rudianto, M.Si dan Chief Executive Rumah BUMN, Olivia Fernaza dalam acara yang digelar di Ruang VIP UMSU – Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Kota Medan, Selasa (6/8).

WR III UMSU, Dr. Rudianto, MSi mengungkapkan,  kerja sama yang dijalin terkait pembangunan ekosistem ekonomi digital ini selaras dengan program pendidikan  kewirausahaan. Sejauh ini UMSU telah memiliki pusat Inkubasi Bisnis yang menampung karya kreatifitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan  yang menghasilkan beragam produk dari hasil kompetisi di tingkat nasional.

Selain itu  kerjasama ini juga menarik karena selaras dengan Program  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang didalamnya juga mengasah kemampuan dan keterampilan akademik dan keterampilan praktis, antara lain magang bersertifikat. "UMSU salah satu yang menjalin kerjasama di awal untuk program magang bersertifikat kerjasama dengan BUMN," ungkap Rudianto seraya memamparkan perusahaan BUMN dan swasta yang menjalin kerjasama dalam program magang bersertifikat hingga Pengembangan Teknologi Informasi. 

"Tujuannya untuk menguatkan kualitas kelembagaan dan jejaring baik secara nasional maupun internasional," tegasnya.

WR III Dr. Rudianto pada kesempatan ini menyambut hangat kerja sama dari berbagai sektor nasional maupun Internasional, "UMSU sangat komitmen dalam pengembangan kapasitas mahasiswa dengan kegiatan kreatif dan inovasi, salah satunya MBKM. Mungkin itu dapat dikerja samakan," kata Dr. Rudianto.

Dia juga menyampaikan UMSU sangat konsisten dalam menjalankan program MBKM, Praktisi Mengajar hingga Magang Bersertifikat. Dia berharap kolaborasi ini dapat mendukung berjalannya kegiatan-kegiatan tersebut.

Kemudian, Chief Executive Rumah BUMN, Olivia menyampaikan rasa kagumnya pada UMSU, kampus yang sangat mendukung mahasiswa dan alumni dalam pengembangan wirausaha.

"Terima kasih atas kesempatannya, Pak. Kebetulan, UMSU ini kampus pertama yang kami tuju untuk kerja sama karena UMSU sangat konsern dengan UMKM Millenial," kata Oliv.

Dia berharap rumah BUMN dapat membantu dan memenuhi kebutuhan UMSU khususnya dalam bidang kewirausahaan dan magang.

"Kami harapkan mahasiswa UMSU juga bisa melakukan magang di Rumah BUMN. Kami juga terbuka untuk semua steakholder," sambut Oliv.

Dijelaskan Rumah BUMN merupakan lini yang didirikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara sebagai wadah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM.

Hadir pada kegiatan ini Ketua PUSKIIBI Dra. Dewi Andriany, M.Si dan jajaran, Ketua MBKM Abdurrahman Zuhdi, M.I.Kom, Kepala CDAC  Sukma Lesmana SE M.Si, Ketua LPPM Dr. Muhammad Fitra Zambak hingga Perwakilan OIC Agussani, M.Sc serta jajaran tim Rumah BUMN.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024