Seratusan massa mengatasnamakan aktivis mahasiswa tergabung dalam Cipayung Plus mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu Tapanuli Selatan (Tapsel) di Sipirok, Rabu (31/7).

Apa sebenarnya yang terjadi? rupanya kehadiran mereka siang itu ingin  menyampaikan sikap dukungan penuh kepada KPU - Bawaslu terkait proses tahapan Pilkada 2024.

"Cipayung Plus Tapsel - Padangsidimpuan  mendukung penuh kinerja  KPU dan Bawaslu Tapsel demi terwujudnya Pilkada Damai 2024," tegas para orator aksi silih berganti.

Fadly Harajap, salah satu orator aksi menyatakan tegas agar KPU - Bawaslu dalam menjalankan mekanisme Pilkada serentak tetap sesuai regulasi yang ada, tidak terpengaruh hal yang dapat merusak demokrasi.

"Kami juga menolak segala bentuk deligitimasi apalagi intimidasi apalagi sampai merusak tahapan proses Pilkada serentak," katanya.

Cipayung plus juga mengimbau masyarakat untuk tidak menyebar berita hoaks yang di khawatirkan dapat menimbulkan kegaduhan, dan kegamangan.

Menanggapi pernyataan sikap mahasiswa, Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar dan Komisioner lainnya Efendi Rambe dan Khoirun Saleh Harahap mengatakan, kehadiran teman-teman mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus menjadi kekuatan besar bagi penyelenggara pemilu.

"Rasa syukur dan bahagia kami karena masih banyak mahasiswa yang mendukung, supaya perjalanan tahapan-tahapan ini menuju demokrasi yang damai jujur dan adil," ucapnya.

Massa Cipayung Plus juga membubuhkan tanda tangan, bentuk dukungan kepada KPU dan Bawaslu di atas kain putih, yang mereka bentangkan di pagar Kantor KPU Tapsel. 

Di Bawaslu Tapsel massa Cipayung Plus juga menyuarakan pernyataan sikap  yang sama, sebelum sore hari massa membubarkan diri dengan tertib. "Kepada Bawaslu kami juga meminta untuk tidak diskriminatif dalam jalankan tugas dan wewenang," tegas massa.

Pernyataan sikap itu ditanda tangani para Ketum Cipayung Plus Tapsel P.Sidimpuan yaitu Ahmat Rasyif Rambe Ketum HMI Cabang P.Sidimpuan. Nasiruddin Hasibuan Ketum HIMMAH Tapsel-P.Sidimpuan. Tobat Wahyudi Nasution Ketum PC IMM Tapsel-P.Sidimpuan. Henni Marito Siregar Ketum PMII Tapsel-P.Sidimpuan. Zul Ardi Hasibuan Ketum KAMMI Tapsel-P.Sidimpuan dan Pahmi Yahya Damanik Ketum GMNI Tapsel-P. Sidimpuan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024