Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara kini fokus untuk menyalurkan bantuan serupa untuk tahap ketiga setelah menuntaskan pendistribusian bantuan pangan beras tahap kedua 2024 periode April sampai Juni.

"Kami tinggal menunggu perintah tertulisnya," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara Arif Mandu di Medan, Sabtu.

Arif menyebut, pembagian bantuan beras tahap pertama dan kedua tahun 2024 menjadi pelajaran berharga untuk periode terkini.

Dia menjelaskan, untuk tahap ketiga, bantuan beras akan diberikan pada bulan Agustus, Oktober dan Desember 2024.

Sejauh ini, Arif menjelaskan, pihaknya belum menemui kendala berarti dalam menjalankan program tersebut.

"Kami siap kapan saja diperintahkan untuk menyalurkan bantuan tersebut," tutur dia.

Pada tahap pertama Januari-Maret 2024, Perum Bulog dibantu PT Pos Regional I Sumatera menyalurkan sebanyak 28.027,68 ton bantuan beras kepada 934.256 keluarga penerima manfaat (KPM) di Sumatera Utara. Setiap KPM mendapatkan 10 kilogram beras setiap bulan.

Untuk tahap kedua April-Juni 2024, jumlah KPM dan total alokasi serupa dengan tiga bulan sebelumnya.

Yang sedikit berbeda, penyaluran tahap kedua dimulai lebih lambat dari rencana.

Seharusnya, pembagian beras bantuan tahap kedua 2024 dimulai April. Akan tetapi, karena Badan Pangan Nasional (Bapanas) membutuhkan waktu untuk kelengkapan data keluarga penerima manfaat (KPM) dari seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, beras tersebut didistribusikan pada Mei.

Meski begitu, Perum Bulog dibantu pendistribusi PT Pos Indonesia Regional I Sumatera mampu menyelesaikannya pada pekan kedua Juli 2024.

Pada tahap ketiga, Arif memaparkan bahwa jumlah KPM dan beras yang dibagikan sama seperti tahap kedua dan ketiga.

Namun, untuk penyalur, belum dipastikan serupa dengan sebelumnya yang dibantu oleh PT Pos Indonesia Regional I Sumatera.

"Nanti ada semacam tender lagi untuk itu," kata Arif.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024