Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara meningkatkan persiapan transportasi untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di wilayah setempat, antara lain melakukan koordinasi dengan maskapai penerbangan domestik.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus menjelaskan maskapai penerbangan domestik memiliki peran penting dalam memastikan proses check-in dan pengiriman bagasi para peserta.

"Maskapai harus membantu sejak keberangkatan hingga tiba di Medan, termasuk penandaan bagasi khusus kontingen," ujar dia di Medan, Rabu.

Untuk itu, pihaknya akan mengundang maskapai penerbangan domestik guna membahas dan mematangkan persiapan dalam rangka menyukseskan PON 2024 di Sumut.

"Angkasa Pura juga akan menyediakan ruang khusus di bandara untuk memfasilitasi penjemputan atlet," kata dia.

Agustinus yang juga Ketua Bidang Transportasi PB PON Sumut ini, menyebut seluruh persiapan moda transportasi terus digencarkan.

Sebelumnya, pihaknya bersama pemangku kebijakan terkait telah melakukan simulasi penjemputan atlet, ofisial, dan kontingen di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang.

Selain itu, Dishub Sumut bersama pihak terkait meningkatkan penertiban lalu lintas dan angkutan jalan menjelang ajang olahraga nasional tersebut.

"Kami bersama instansi terkait sudah melakukan simulasi penjemputan atlet dari bandara untuk memastikan kesiapan pelayanan transportasi bagi peserta," ujar dia.

Dengan persiapan matang ini, dia berharap, pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik bagi atlet, ofisial, dan seluruh peserta yang terlibat.

PB PON Sumut menyediakan armada yang terdiri atas 967 unit moda transportasi yang akan digunakan menunjang kelancaran ajang olahraga nasional tersebut.

Sebanyak 967 unit moda transportasi yang disiapkan terdiri atas 394 minibus, 227 bus kapasitas 14 kursi, 326 bus ukuran sedang, 15 mobil boks, dan lima truk.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024