Pengprov Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Sumatera Utara memasang target lima medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Ketua PBFI Sumut Herri Zulkarnain Hutajulu di Medan, Kamis, mengatakan, target lima emas yang diusung pada PON mendatang sudah berdasarkan berbagai pertimbangan dan hasil yang diraih dari beberapa kejuaraan yang diikuti.

Misalnya pada kejuaraan tingkat Asia Tenggara di Batam belum lama ini, binaragawan PON Sumut berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan dengan membawa pulang enam medali emas.

"Dari hasil itu kita memasang target lima emas di PON mendatang. Kami optimistis target itu dapat dipenuhi. Untuk itu kami terus ingatkan kepada para atlet agar terus memaksimalkan latihan, karena tentunya persaingan di PON nanti cukup ketat," katanya.

Di PON mendatang ada 11 nomor yang dipertandingkan yakni kategori (55 kg, 60 kg, 65 kg, 70 kg, 75 kg, 80 kg, 85 kg, dan 85+ kg). Men's sport physique dua kategori, up to 70 kg dan over 70 kg, kemudian Men's athletic physique up to 175 cm dan eksibisi women model physique.

"Nah dari 11 nomor itu, kita membidik lima nomor bisa meraih emas. Syukur-syukur bisa enam emas. Potensi itu tetap ada, mengingat kemajuan yang sudah dicapai atlet kita selama ini," tambahnya.

Menghadapi PON mendatang, PBFI Sumatera Utara menyiapkan 11 atlet terbaiknya yang saat ini sudah menjalani pemusatan latihan.

Diakuinya, persaingan binaraga semakin sengit. Jika berkaca dari PON Papua, maka hasil di PON 2024 diprediksi tak akan berbeda jauh, namun Sumut akan berusaha tampil maksimal.

"Persaingan cukup ketat di PON nanti. Banyak kelas terbaik dari Papua, Jatim, DKI Jakarta, Kalimantan. Kita optimistis raih emas, minimal lima emas itu target kita, tapi berpeluang bertambah," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024