Bupati Samosir Vandiko Gultom menyebut keterbatasan anggaran pemerintah saat ini bukan menjadi alasan dirinya tidak melanjutkan pembangunan, melainkan harus tetap berjalan melalui kreatifitas dengan menjalin sinergitas yang baik ke semua pihak.

 

Hal itu disampaikan Vandiko ketika menghadiri pelantikan pengurus DPC (Dewan Pimpinan Cabang) PSB (Punguan Sitohang dohot Boruna) terpilih periode 2024-2027 yang menunjuk Khrismas Sitohang sebagai Ketua DPC PSB Kabupaten Samosir, di Komplek Tugu PSB, Desa Parsaoran Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Sabtu (8/6).

 

"Pemerintah akan selalu hadir melayani kebutuhan masyarakat baik melalui punguan marga. Keterbatasan anggaran, tidak membuat kita berhenti membangun Samosir, terus berjalan melalui kreatifitas dengan menjalin sinergitas bersama pemerintah provinsi maupun pusat yang membantu kita mendorong mewujudkan pembangunan Samosir," ucap Vandiko.

 

Ia menyebut, berkat sinergitas yang baik antara pemerintah provinsi dan pusat, Pemkab Samosir berhasil mengeksekusi berbagai proyek strategis seperti Tano Ponggol serta pembangunan Water Front City Pangururan yang kini menjadi wajah baru Kabupaten Samosir. 

 

Kemudian, di awal kepemimpinan nya yang dilanda Pandemi Covid-19, Vandiko tetap berusaha menjalankan program terutama untuk kebutuhan air bersih. Dimana dalam dua tahun terakhir Pemkab Samosir telah berhasil membangun tiga  lokasi pengembangan jaringan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Kecamatan Simanindo, Pangururan dan di Hatoguan yang pemanfaatan air bersihnya sudah bisa dirasakan masyarakat.

 

"Jumlah SPAM ini masih  kurang dan kita terus mengetuk pintu pemerintah atasan. Dan puji Tuhan, melalui Kementerian PUTR, Bappenas dan Menkomarvest, proposal Rp200 miliar lebih akan diberikan dan mudah-mudahan tahun depan sudah terlaksana pengerjaannya. Saat ini kita juga terima dari pemerintah provinsi Sumut pembangunan pompa air tenaga Surya di Desa Rianiate, Nainggolan dan Sinaga Uruk Pandiangan," kata Vandiko.

 

Sementara dari Kementerian Pertanian, lanjut Vandiko penerimaan alokasi pupuk bersubsidi di Samosir mengalami peningkatan sejak tahun 2022. Dimana di tahun 2022-2023 terjadi peningkatan 15 persen dan di tahun 2023-2024 bertambah 10 persen.

 

"Dan di bidang kesehatan, Samosir mendapat penghargaan UHC (universal health coverage) atas capaian jaminan kesehatan BPJS bagi 99 persen masyarakat Samosir. Sebesar Rp14 miliar disiapkan untuk kesehatan masyarakat dan  cukup menggunakan KTP saat berobat," jelas Vandiko.

 

Dihadapan ratusan peserta  PSB yang hadir,  Bupati juga berpesan agar DPC PSB   turut serta menjaga kesatuan, saling tolong menolong dalam situasi apapun terlebih demi kemajuan pembangunan Samosir.

 

"Atas nama pemerintah Samosir, selamat kepada Ketua DPC terpilih. Mari bersama kita dukung programnya, bahu membahu membawa Samosir yang kita cintai ini dengan prestasi luar biasa yang bisa dikenal seluruh penjuru," ungkap Vandiko mengakhiri. 

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024