Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan kejuaraan internasional seperti kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024 dapat menjadi sarana promosi wisata daerah itu ke mancanegara.

"Kejuaraan ini bukan hanya berdampak ke olahraga, tapi juga akan berdampak ke sektor pariwisata karena bisa menjadi sarana promosi wisata Sumut ke luar negeri," ujar Hassanudin, di Medan, Rabu.

Provinsi Sumatera Utara kedua kalinya menggelar kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO).

Kejuaraan NSAO merupakan kompetisi golf internasional tahunan yang diselenggarakan Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut yang diikuti sejumlah negara.

Untuk itu, Hassanudin mengajak semua pemangku kebijakan terkait untuk memaksimalkan kejuaraan tersebut karena memiliki dampak yang besar untuk Sumatera Utara termasuk pada sektor parawisata.

"Pesertanya berasal dari dalam dan luar negeri seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, India, Korea Selatan, China, dan negara Asia Pasifik lainnya. Untuk itu harus kita maksimalkan sehingga pariwisata kita semakin dikenal di mancanegara," kata dia.

Ketua PGI Sumut Ichsan Hakim Batubara menjelaskan kejuaraan tersebut diikuti sebanyak 77 peserta berasal dari sejumlah negara.

"Sebanyak 77 peserta mengikuti kejuaraan NSAO 2024 diikuti 77 peserta yang terdiri 58 laki laki dan19 perempuan," kata dia.

Ia mengatakan seluruh peserta tersebut akan memperebutkan piala NSAO 2024, piala bergilir Gubernur serta Ketua PGI Sumut yang digelar 23-25 April 2024.

“NSAO dimulai selama dua hari, ini akan menambah jam terbang golfer kita dan mendongkrak pariwisata Sumut, itu yang kita harapkan," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar PGI Adi Saksono menyebut kejuaraan golf North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024 di Sumatera Utara menjadi ajang uji kemampuan atlet golf di Tanah Air dalam kompetisi internasional.

"Kejuaraan ini menjadi salah satu tolak ukur bagi atlet golf kita untuk menguji kemampuan mereka dalam kompetisi bergengsi tingkat internasional," ujar dia.

Adi menyebutkan ada beberapa atlet nasional yang bertarung dalam kejuaraan ini seperti Rayhan Abdul Latief, William Justin, Luke Evan Moore, Rifqi Alam, Kristina Natalia Yoko, dan juga Sania Talita Wahyudi.

Mereka akan bersaing dengan beberapa perwakilan dari negara lain yang mengirim atlet terbaik seperti Anson Yeo Boon Xiang dari Malaysia, Kim Beomgyu dari Korea Selatan, Phutanate Kangwol dari Thailand, Shijun Jing dari China, dan juga Ngo Thanh Son dari Vietnam.

"Secara kualitas, kejuaraan ini dipastikan akan sangat berkualitas," kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024