Bank Indonesia (BI) Cabang Pematang Siantar dijadwalkan akan menggelar Festival Ekonomi Syariah atau FeSyar 2024 yang dipusatkan di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah atau Alun-alun Kota Tanjung Balai pada 27 hingga 28 April pekan ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Unit Data Statisik dan Kehumasan BI Cabang Pematang Siantar, Anto Yulianto didampingi Kepala Seksi Unit Data dan Humas, Santy Hutajulu dalam jumpa pers di Kota Tanjung Balai, Senin (22/4) sore.

Anto menjelaskan, Festival Ekonomi Syariah atau FeSyar merupakan agenda tahunan Bank Indonesia dalam rangka mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui kolaborasi dengan stakeholders strategis di tingkat daerah.

Untuk regional Sumatera akan dilaksanakan pada 21-26 Mei 2024 di Kota Batam, Provinsi Riau. Sedangkan BI Cabang Pematang Siantar melaksanakan road to FeSyar di Kota Tanjung Balai pada 27-28 April 2024.

"Dalam rangka mengakselerasi pengembangan keuangan dan ekonomi syariah di regional Sumatera, BI Cabang Pematang Siantar melaksanakan FeSyar di Kota Tanjung Balai dengan tema Gema Syariah Sisi Batas Labuhan," ujar Anto.

Anto melanjutkan, rangkaian FeSyar yang digelar pihaknya di Kota Tanjung Balai, yakni pameran UMKM, talkshow, sosialisasi QRIS dan CBR, lomba berbalas pantun, kreasi vidio Nasyid dan lomba fashion designer, serta dimeriahkan hiburan musik Gambus Serumpun dan Delima artis KDI, serta senam pagi bersama.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah BI go to scoll and campus dalam rangka mengedukasi pelajar dan mahasiswa tentang tujuan dan tugas Bank Indonesia yang dilaksanakan mulai 23-26 April 2024 si Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Asahan.

"Puncak acara FeSyar 2024 meliputi talkshow dan lomba serta hiburan dilaksanakan pada 27 dan 28 April yang kami pusatkan di Alun-alun Kota Tanjung Balai. Semuanya gratis dan terbuka untuk umum, ayo kita saksikan dan meriahkan," ujar Anto Yulianto.

Dia menambahkan, khusus transaksi QRIS pada Bazar di stan UMKM, masyarakat hanya membayar Rp1,- untuk transaksi senilai Rp10.000,- dan untuk nilai transaksi diatas Rp10.000,- akan mendapatkan diskon Rp10.000,- dengan kuota terbatas di masing-masing stan.

Sesuai catatan, BI Cabang Pematang Siantar meliputi wilayah kerja delapan Kabupaten/Kota yakni, Kabupaten Simalungun, Batu Bara, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, serta Kota Pematang Siantar dan Tanjung Balai.

Hadir dalam jumpa pers tersebut Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Tanjung Balai, Idawati Tanjung.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024