Universistas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (UIN Syahada) Padangsidimpuan mengokohkan diri menjadi Kampus yang Moderat.

"Itu komitmen kita," kata Rektor UIN Syahada Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (25/3).

Dalam workshop "Pengembangan Ekosistem Kampus Berbasis Moderasi Beragama" di Aula Terpadu UIN Syahada Padangsidimpuan hal itu itu juga sudah dikemukakan.

"Peran UIN Syahada dalam membentuk budaya toleransi, dialog, dan harmoni di antara komunitas kampus, sangat penting," ujarnya.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengusung nilai-nilai Islam yang moderat, lanjut Rektor, UIN Syahada memiliki tanggung jawab untuk menjadi teladan dalam mempraktikkan moderasi beragama.

Kata dia, moderasi beragama sebagai jalan untuk mencegah konflik dan radikalisme di kalangan mahasiswa. "Karenanya budaya moderasi di kampus akan diperkuat termasuk memasukkan ke dalam kurikulum mata kuliah," ujarnya.

"Kita harus memberikan contoh tentang bagaimana menjalani kehidupan beragama dengan penuh kedamaian, tanpa menyingkirkan prinsip-prinsip keyakinan yang mendasar," tambahnya.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Prof. Dr. Darwis Harahap, M.Si, menyatakan, "Kita menghargai langkah-langkah yang diambil oleh Rektor untuk mengokohkan UIN Syahada, sebagai kampus yang moderat dan inklusif."

"Saya optimis, komitmen diperkuat pimpinan universitas, diharapkan UIN Syahada Padangsidimpuan akan menjadi model yang inspiratif dalam mempromosikan moderasi beragama dan toleransi di kalangan kampus dan masyarakat luas," sebutnya.

K.H Marzuki Wahid, M.A yang di daulat menjadi narasumber pada kegiatan workshop 21-22 Maret 2024  menyampaikan beberapa hal penting untuk menjadikan kampus yang moderat dan inklusif. Diantaranya, Keterbukaan; Empati; Keadilan; Komitmen terhadap Dialog; Kepemimpinan yang Teladan; Kesadaran akan Dampak.

Dr. Erawadi selaku ketua panitia mengatakan kegiatan workshop melibatkan seluruh pejabat kampus UIN Syahda ini merupakan langkah penting dalam mendukung UIN Syahada Padangsidimpuan sebagai kampus yang moderat dan inklusif.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024