Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan sebanyak 16 Mal Pelayanan Publik (MPP), termasuk MPP Kota Medan, Sumatera Utara.
 
"Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan bergerak untuk reformasi birokrasi yang berdampak," kata Anas ketika peresmian 16 MPP dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital dalam keterangan tertulis di Medan, Kamis.

Acara itu disaksikan secara daring oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ferri Ichsan di gedung MPP Kota Medan, Kamis.
 
Menteri PANRB menerangkan bahwa dalam pelaksanaan reformasi birokrasi haruslah memiliki dampak yang baik terhadap masyarakat.
 
Disamping itu, reformasi birokrasi yang dijalankan dewasa ini bukan lagi merupakan tumpukan kertas, melainkan harus menjadi birokrasi yang lincah dan cepat.
 
Selain MPP Kota Medan, terdapat sebanyak 15 MPP diresmikan secara bersamaan meliputi Kabupaten Siak, Kabupaten Seluma, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bangka, Kabupaten Mesuji, dan Kota Sukabumi.
 
Kemudian MPP Kabupaten Banjarnegara, Kota Tegal, Kota Probolinggo, Kabupaten Katingan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kota Banjarmasin, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Wonosobo.
 
"Dari amanat yang telah disampaikan bapak Presiden, kita terus berkolaborasi agar kerja ke depan lebih efektif," ungkapnya.
 
Anas juga menyebutkan guna mencapai hal itu tentunya bergantung dengan sumber daya manusia (SDM) birokrasi, yakni menciptakan aparatur sipil negara (ASN) birokrasi yang profesional. "SDM nya harus kita siapkan. Kalau tidak maka tidak akan tercapai," ujar Anas.
 
Menteri PANRB juga menyebutkan bahwa untuk menjadikan Indonesia maju menuju Indonesia sebagai empat besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045, maka diperlukan SDM kompetitif.
 
"SDM yang kompetitif, kemudian birokrasi yang profesional, dan pelayanan publik yang berkualitas," tegas Anas lagi.
 
Dalam kesempatan itu, terdapat 60 kepala daerah yang juga menyatakan komitmen peningkatan penerapan pengelolaan MPP Digital dan tiga kabupaten/kota di antaranya turut meresmikan MPP-nya secara serentak.
 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024