Perumda Tirtanadi menyatakan, sebanyak tiga Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru di Sumatera Utara akan beroperasi pada tahun 2024.

"Itu bagian dari usaha kami untuk memenuhi kebutuhan ideal air bersih Sumut yang mencapai 11.000 liter per detik," ujar Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi di Medan, Senin.

Kabir melanjutkan, salah satu yang sudah beroperasi adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2023, ditargetkan beroperasi penuh mulai Januari 2024.

Instalasi yang berkapasitas maksimal 1.100 liter air per detik tersebut sudah dioperasikan Perumda Tirtanadi sejak Januari 2024.

Kemudian, Kabir menambahkan, IPA Johor di Medan yang berkapasitas 400 liter per detik diyakini dapat mengalirkan air bersih mulai semester pertama 2024.

"Setelah itu, ada IPA Brayan berkapasitas 500 liter per detik di Medan yang diharapkan beroperasi pada semester kedua 2024," kata dia.

Dengan berjalannya IPA-IPA tersebut, Perumda Tirtanadi yakin penyaluran air bersih ke masyarakat di Sumut bisa berjalan lebih lancar.

Kabir Bedi pernah mengungkapkan optimismenya bahwa debit air bersih 11.000 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sumatera Utara dapat terpenuhi pada tahun 2025.

Menurut dia, saat ini, pihaknya baru dapat melayani kebutuhan air bersih dengan debit air 7.300 liter per detik.

Artinya, ada kekurangan debit air sebesar 3.700 liter per detik dan itu terus diupayakan oleh Perumda Tirtanadi melalui penambahan kapasitas IPA yang ada dan pembangunan IPA anyar.

IPA yang kapasitasnya ditingkatkan yaitu IPA Deli Tua dan IPA Sunggal. Kapasitas IPA Deli Tua akan dinaikkan 300 liter per detik dan IPA Sunggal ditambahkan 400 liter per detik.

Di luar itu, direncanakan pula pembangunan SPAM Mebidang tahap kedua berkapasitas 750 liter per detik yang ditargetkan rampung pada tahun 2025.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024