Pembangunan berbagai arena untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Sumatera Utara diharapkan selesai tepat waktu dan selanjutnya dapat digunakan untuk perhelatan olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

"Kita harapkan pembangunannya selesai tepat waktu sehingga dapat digunakan untuk PON yang menurut rencana mulai berlangsung 8 September 2024," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Baharuddin Siagian di Medan, Selasa..

Terkait pelaksanaan PON, Pemprov Sumut telah menetapkan lokasi pertandingan sejumlah cabang olahraga di PON yang tersebar di delapan kabupaten dan kota di wilayah setempat.

Penetapan lokasi pertandingan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Sumut No 188.44/231/KPTS/2023 tentang penetapan arena cabang olahraga PON XXI/2024 Sumut-Aceh untuk wilayah Sumatera Utara.

Surat keputusan gubernur tersebut juga secara resmi telah disampaikan kepada pemkab dan pemkot yang daerahnya terdapat arena untuk pertandingan cabang olahraga di PON nanti.

Sejumlah arena yang telah ditetapkan adalah Kolam Renang Selayang untuk pertandingan renang indah, renang, dan loncat indah. Danau Toba (renang perairan terbuka, ski air), Stadion Madya Atletik Sumut Sport Centre (atletik), Taman Cadika Medan (BMX), Tahura (MTB), Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi (road race), GOR Angsapura (tenis meja), GOR Veteran (tinju).

Gedung Serbaguna Unimed (barongsai),Sirkuit IMI Sumut (balap motor), Sirkuit Motor Sumut Sporty Centre (motor cross), Pardede Hall (biliar), Four Point Hotel (binaraga), Kawasan Sumut Sport Centre (voli indoor, cricket, gateball, hockey outdoor), Pantai Cermin (voli pasir), Gedung Boling Sumut (bowling).

Gedung PBSI Sumut (bulu tangkis), Santika Dyandra Convention (dancesport), Stadion Unimed (Drumband nomor LBJP), GSG Unimed (Drumband Nomor LBB dan LUG), Jalan arteri Kualanamu (Drumband nomor LKBB), Medan Internasional Convention Centre (esport), Royal Sumatera (golf), GOR Binjai (gulat).

Gedung Serbaguna Sumut (hoki indoor, senam artistik, ritmik, aerobik), Martial Arts Sumut Sport Centre (jujitsu, karate, taekwondo, wushu), Auditorium PRSU (kabaddi), GOR Pematangsiantar (kockboxing), GOR Lubuk Pakam (pencak silat), GOR Langkat (sambo), Stadion Mini Provsu (sepakbola putri), Gor Futsal Sumut (futsal), Lapangan Tembak Sumut (squash)

Sebelumnya Pj Gubernur Sumatera Utara, Hasanuddin, menekankan pentingnya semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 untuk lebih mengedepankan tertib administrasi.

"Tertib administrasi adalah hal yang tidak kalah penting dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat saat kita menjadi tuan rumah PON, " katanya.

Dirinya selaku pejabat gubernur mensyukuri Sumatera Utara mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XXI/2024 bersama Provinsi Aceh PON kali ini tentunya sangat bersejarah karena untuk pertama kalinya digelar di dua provinsi.

Demi suksesnya PON, sampai sekarang berbagai persiapan terus dilakukan dan tentunya agar persiapan lebih matang diharapkan semua pihak untuk bersama-sama saling bahu membahu dan sesuai dengan rencana awal pelaksanaan PON tetap akan digelar September 2024.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024