Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara menyalurkan 7.393,88 ton beras bantuan sosial (bansos) pemerintah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) mulai Januari hingga 6 Februari 2024.

"Sampai hari ini, untuk bansos periode Januari-Maret 2024, pendistribusian beras pada Januari sudah mencapai 77,22 persen atau 7.214,32 ton. Sisanya, masing-masing 0,96 persen atau 89,78 ton untuk alokasi Februari dan Maret," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara Arif Mandu di Medan, Selasa.

Arif melanjutkan, semua kabupaten dan kota Sumut sudah menerima beras tersebut kecuali Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan.

Wilayah-wilayah tersebut, dia menambahkan, belum mendapatkan beras bansos lantaran pemerintah daerah setempat masih melakukan verifikasi terhadap data KPM di sana.

Namun, untuk sementara, Bulog Sumut masih mencatat total ada 934.256 KPM di Sumut yang berhak atas bantuan beras itu. "Nantinya, di Kepulauan Nias, penerima akan langsung mendapatkan beras 30 kilogram sekaligus atau jatah dalam tiga bulan dengan mempertimbangkan kondisi geografis," kata Arif.

Dia mencontohkan di Kota Gunungsitoli, di mana pendistribusian bansos beras tahap pertama yakni Januari-Maret 2024 sudah tuntas dilakukan dengan alokasi total 269,34 ton.

Pemberian bansos beras pada Januari-Maret 2024 merupakan program pemerintah untuk meringankan beban masyarakat sekaligus mengendalikan harga beras.

Program itu pertama kali dilakukan pada tahun 2023. Ketika itu, Bulog Sumut telah menyalurkan dua tahap bantuan pangan beras untuk KPM di wilayahnya.

Tahap pertama dilakukan selama tiga bulan mulai Maret, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua, yakni periode September-November 2023. Lalu, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program itu sampai Desember 2023.

Pada periode September-November 2023, bantuan itu diserahkan kepada 906.328 KPM yang berhak mendapatkan 10 kilogram beras per bulan. Data KPM ini pula yang digunakan untuk bantuan beras bulan Desember 2023.

Sementara untuk pihak pendistribusi, Arif Mandu memastikan pihaknya masih bekerja sama dengan PT Pos Regional I Sumatera, sama seperti bantuan pangan periode-periode sebelumnya.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024