Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mengerahkan 2/3 personel setiap kepolisian sektor (Polres) di wilayahnya untuk mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzil.

"Jumlah total personel di jajaran Polda Sumut sendiri ada lebih dari 20.000 orang," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi di Medan, Senin.

Hadi mengatakan pengamanan perayaan Imlek dan juga libur panjang ini dilakukan oleh polres dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

"Kegiatan personel tersebut di antaranya patroli pengamanan di kawasan objek vital, tempat ibadah, steril, mencegah dari tindakan kejahatan dan lain-lain," ucapnya.

Begitu juga dengan pada momentum pada libur panjang ini, menurut Kabid Humas pihaknya telah memastikan kelancaran dan kenyamanan kegiatan masyarakat.

"Polisi memastikan kegiatan perayaan Imlek dan kegiatan masyarakat lainnya aman," tuturnya.

Sementara itu, berdekatan dengan Pemilu 2024, Hadi menambahkan Polda Sumut siap mengamankan pesta demokrasi di wilayah ini.

"Polisi sudah siap dalam pengamanan setiap jajaran, 'cooling system' dan berbagai kegiatan lainnya, apalagi sudah ada satuan tugasnya," tutur Hadi.

Ditambah dengan kegiatan patroli oleh pihak Polda Sumut dan jajaran yang mengamankan wilayah seperti Kota Medan dan lainnya.

Ada 24 mobil patroli presisi yang bergerak 24 jam di kota medan, demikian juga di wilayah lain agar dapat terwujud Pemilu 2024 yang aman dan damai," ucap Hadi.

Sebelumnya, Polda Sumut melibatkan personel Polri sebanyak 12.877 personel, TNI 4.891 personel, dan linmas 101.540 personel pada pengamanan Pemilu 2024, yang akan mengamankan 45.875 tempat pemungutan suara (tps) untuk 10.853.940 pemilih.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024