Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ) ke - 15, tahun 2024, tingkat Kabupaten Padang Lawas ( Palas) telah resmi dibuka oleh Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) di Lapangan Sepak Bola, Desa Hapung, Kecamatan Ulu Sosa, Kamis (1/2) mala

Plt Bupati Palas AZP mengucapkan terimakasih kepada panitia, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa serta masyarakat kecamatan Ulu Sosa yang telah turut berpartisipasi berkolaborasi untuk mensukseskan bersama acara pembukaan MTQ ke - 15 tingkat Palas itu.

Di katakan AZP, acara pembukaan MTQ ini suata kebahagian baginya beserta jajaran pemerintah daerah bisa berkumpul dan bersilaturrahmi dengan seluruh masyarakat Padang Lawas. Juga bisa bertatap muka langsung dengan para Qori, Qori'ah, hafidz, hafidzah, alim ulama dan para pecinta AL Qur'an diacara itu.

"Saya yakin, Insya Allah dengan rasa kebersamaan penyelenggaraan pembukaan musabaqo tilawatil Qur'an ini nanti akan berjalan dengan baik, sukses dan lancar,"tandas AZP.

Lebih lanjut, adapun tema yang diusung pada kegiatan MTQ tingkat, disebut AZP, "Kita wujudkan kebersamaan, keamanan dan ukhuwah islamiyah menjelang pemilihan umum tahun 2024".

Tema itu, terang AZP, diambil berdasarkan bahwa dilaksanakannya agenda pelaksanan MTQ ini berdekatan dengan waktu pelaksanaan pemilu tahun 2024, tepatnya tanggal 14 Februari depan.

Melalui tema itu, AZP mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas supaya tetap merawat bersama kerukunan, toleransi, dan memperkokoh ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniyah, juga ukhuwah insaniah ke depan.

"Perbedaan pilihan saat pesta demokrasi merupakan hal wajar dan tidak perlu diributkan. Mari gunakan hak pilih, hindari isu sara, hoaks, hatespeech dan politik uang demi terciptanya pemilu aman, damai dan sejuk. Mari bersama - sama bersinergi mendukung terwujudnya pemilu yang berkualitas di daerah yang kita cintai ini,"tuturnya.

,"Semoga melalui pelaksanaan MTQ ini nanti dapat mencetak generasi Qur'ani yang mampu berprestasi dan mengharumkan nama baik Kabupaten Padang Lawas yang kita cintai ini, sesuai harapan bersama ke depan,"sambung AZP berharap.

Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Sekda Palas Arpan Nasution menyampaikan kegiatan MTQ Palas ke -15 yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat baca, menulis dan mengamalkan isi  AL- Qur'an, juga sebagai ajang untuk mengukur, serta mengukir perestasi bagi seluruh peserta itu, akan dilaksanakan pihaknya dengan berbagai cabang perlombaan hingga pada tanggal 4 Februari 2024, hari Minggu lusa.

,"Kegiatan ini juga sebagai ajang seleksi Qori, Qoriah, Hafiz, Hafizah dalam rangka mengikuti kegiatan MTQ tingkat Sumut tahun 2024,"tandas Sekda.

Kemudian untuk jumlah peserta kegiatan MQT itu, kata Sekda, sekitar 1.081 orang. Para peserta tersebut mewakili putra putri dari 17 Kafilah yang telah lolos seleksi pada kagiatan MTQ tingkat kecamatan se - Kabupaten Padang Lawas yang digelar beberapa waktu lalu, di kecamatan masing - masing.

,"Selamat datang kepada seluruh peserta. Terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan kami diacara ini. Semoga acara ini diridhoi Allah SWT, dan membawa berkah bagi kita semua bersama seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas ke depan,"ucap Sekda mendoakan. Setelah sebelum ia mengajak seluruh warga masyarakat Palas, termasuk warga masyarakat kecamatan setempat, supaya bersama - sama mensukseskan acara MTQ ke - 15 itu, hinggga akhir kegiatan nanti. 

 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024