Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan (Kanim TBA) menggelar peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke 74 tahun 2024. Kakanim TBA Wawan Anjaryono mengimbau jajarannya fokus melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kontribusi dalam percepatan perekonomian Nasional.

Wawan mengatakan, peringatan HBI ke 74 yang jatuh pada 26 Januari 2024 ini merupakan momentum istimewa untuk merayakan pencapaian, dedikasi, dan komitmen yang telah membentuk perjalanan panjang Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi dalam mengawal dan mengisi pembangunan Indonesia.

Selama 74 tahun berkiprah, kata Wawan, Dirjen Imigrasi mengalami berbagai tantangan dan pencapaian gemilang. Tidak terelakkan bahwa tantangan di masa mendatang akan semakin kompleks. Namun, dengan tekad dan semangat kebersamaan serta sumber daya manusia berkualitas, setiap hambatan dapat diatasi.

Wawan melanjutkan, pada tahun 2023 penerimaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi mencapai 320 persen. Capaian realisasi PNPB hingga 31 Desember 2023 adalah 7,6 triliun rupiah. Itu merupakan pencapaian terbesar dalam sejarah Dirjen Imigrasi.

"Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi berkontribusi dalam percepatan perekonomian Nasional," katanya.

Khusus Kantor Imigrasi Tanjung Balai Asahan, sambung Wawan, pada 2023 telah menerima perolehan PNBP sebesar Rp18.657.052.359.000 dari target Rp4.585.500.000,- itu merupakan  capaian angka lebih empat kali lipat dari target yang ditentukan.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran atas dedikasi dan pengabdian yang luar biasa. Kerja tim yang solid dan semangat berkinerja yang terus bergelora telah membentuk fondasi kokoh bagi pencapaian keberhasilan Dirjen Imigrasi, khususnya Kantor Imigrasi Tanjung Balai Asahan," ujar Wawan.

Wawan juga mengajak jajarannya untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta senantiasa menjaga integritas sebagai garda terdepan dalam menjaga pintu gerbang NKRI dan peningkatan kreativitas dan inovasi.

"Refleksikan peran penting kita emban dengan benar, dan fokus menjalankan tugas pokok dan fungsi keimigrasian," kata Wawan dalam acara resepsi HBI ke 74.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib bertindak sebagai pembina upacara peringatan HBI ke 74 yang digelar di halaman kantor Inigrasi TBA, Jalan Jend.Sudirman Kota Tanjung Balai.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota membacakan sambutan Menkumham RI, Yasona Laoli yang menekankan bawa Imigrasi tidak dapat berjalan sendiri menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

"Sinergitas dan kolaborasi dalam bingkai kerja sama dengan Kementerian dan Lembaga, baik dalam maupun luar negeri harus tetap terjaga dan terjalin dengan baik sebagai wujud kebersamaan dalam derap langkah membangun Indonesia yang maju dan berkeadilan," ujar Wali Kota membacakan sambutan Menkumham.

Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 74 tahun 2024 mengusung tema "Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi". 

Hadir dalam mengikuti upacara dan acara resepsi HBI tersebut yakni unsur Fokopimda Tanjung Balai, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, sejumlah Agen Pelayaran serta tamu dan undangan lainnya.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024