Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara Mhd Jahari Sitepu menyatakan rekonsiliasi data  untuk menjamin keakuratan dan ketepatan waktu laporan keuangan kepada Menteri Keuangan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)," ujar Jahari dalam kegiatan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Semester II Tahun 2023 di Samosir, Senin.

Ia melanjutkan kegiatan ini untuk standar akuntansi pemerintah (SAP), pihaknya berkomitmen mencapai transparansi, akuntabilitas dan kualitas laporan keuangan sesuai dengan semangat pembangunan zona integritas.

"Dalam menuju wilayah yang bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) kepada masyarakat luas," ucap Kakanwil Sumut. 

Dia menyatakan perolehan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan selama 14 kali atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2022 sebuah prestasi yang baik.

"Saya berharap agar prestasi tersebut dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan dengan meraih opini WTP ke-15  untuk laporan keuangan tahun anggaran 2023," ucapnya. 

Jahari menambahkan kesuksesan ini dipandang sebagai hasil dari upaya bersama dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Rekonsiliasi Laporan Keuangan pimpinan tinggi pratama pada Kanwil Kemenkumham Sumut beserta operator keuangan satuan kerja.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024