Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) berpartisipasi dalam mencetak generasi unggul melalui sinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Perguruan Tinggi melalui Magang Bersertifikat MSIB “Sobat Muda Gambut – Mangrove” Tahun 2023.

Program ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan sikap bagi generasi penerus yang peduli lingkungan dan masyarakat, serta dapat ikut menyebarluaskan informasi dan pengetahuan terkait restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove, melalui pelibatan mahasiswa untuk belajar bekerja di BRGM.

Program MSIB ini berlangsung selama 5 bulan praktik kerja atau setara dengan 20 SKS pembelajaran. Dari 7.648 pendaftar, sebanyak 142 mahasiswa yang berasal dari 58 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia lolos seleksi untuk menjalani program ini.

Para peserta Magang Bersertifikat tersebut terbagi ke dalam 16 posisi pekerjaan dan ditempatkan baik di Kantor Jakarta maupun pada wilayah kerja 13 provinsi prioritas BRGM, serta didampingi oleh 35 orang Mentor yang merupakan pegawai BRGM.

Program Magang Bersertifikat MSIB Batch 5 “Sobat Muda Gambut – Mangrove” tahun ini telah berjalan sejak bulan Agustus – Desember 2023. Para mahasiswa terpilih mengikuti beberapa serangkaian mulai dari pembekalan teknis, pengenalan kegiatan di lokasi magang, pelaksanaan magang, penyusunan laporan dan presentasi, hingga penilaian akhir peserta.

Selain mempersiapkan generasi muda sebelum terjun ke dunia kerja, BRGM juga berupaya untuk menggalang aksi nyata kaum muda dalam upaya restorasi gambut dan percepatan rehabilitasi mangrove.

Erna Rahayu, Kepala Sub Kelompok Kerja Kerjasama, BRGM mengatakan, pihaknya berusaha untuk membantu kaum muda sebagai generasi emas dalam memberikan pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja.

" Dalam hal ini, kami juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada generasi muda terkait ekosistem gambut dan mangrove itu sendiri,” ucap Erna.


Erna sekaligus Koordinator MSIB “Sobat Muda Gambut – Mangrove” 2023 mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kemendikbud-Ristek dan perguruan tinggi dalam pelaksanaan Magang Bersertifikat Tahun 2023 ini.

Tujuannya memberikan pengalaman kepada mahasiswa guna menerapkan secara langsung ilmu dan kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan dan beradaptasi dengan dunia kerja.

'Dalam program ini, BRGM tidak hanya memberikan teori dan konsep, namun juga melibatkan peserta untuk mengikuti dan terlibat langsung kegiatan lapangan,” ujar Erna.

Peserta MSIB Kalimantan Tengah mendapatkan pelatihan tingkat kematangan gambut di lapangan.

Perwakilan dari salah satu mentor MSIB, Dio mengatakan, melalui MSIB ini, ia  mendapatkan banyak inspirasi dari para peserta magang. Dengan ide – ide terbaru yang diajukan oleh peserta magang, rupanya membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan restorasi gambut dan mangrove di lapangan.

" Perkembangan skill dan inisiatif dari para peserta magang juga berkembang jauh lebih baik selama program ini berjalan. Harapannya, melalui program ini para peserta mampu menerapkan yang telah dipelajari pada dunia kerja nantinya,” kata Dio.

Manfaat dari program MSIB ini dirasakan oleh Bayu Bagaskara, salah satu peserta dan perwakilan TRIBE MSIB “Sobat Muda Gambut – Mangrove” Tahun 2023 mengatakan, “Melalui program MSIB, pengalamannya bertambah.

" Sebelumnya saya kurang familiar tentang gambut dan mangrove, lalu kami diajak langsung untuk melihat bagaimana kondisi lapangan dan kehidupan masyarakat setempat di lokasi intervensi. Tak hanya itu, kami juga diikutkan dalam FGD untuk memperdalam wawasan terkait gambut. Dengan berbagai kegiatan yang ada, dengan sendirinya kami belajar untuk melakukan manajemen waktu yang diharapkan akan terbawa pada saat bekerja nanti,” ujar Bayu.

Setelah mendapatkan berbagai respon positif dari berbagai pihak, kegiatan magang BRGM melalui program MSIB “Sobat Muda Gambut – Mangrove akan dilanjutkan pada Batch 6 yang akan dimulai pada Bulan Februari – Juni 2024 dengan kuota 170 orang peserta.

Harapannya turut berkontribusi nyata dalam mencetak generasi unggul sebelum memasuki dunia kerja. Pengumuman pendaftaran MSIB 2024 dapat dilihat pada laman Instagram BRGM atau link berikut ini, http://bit.ly/3O3hESz .

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023