Kepolisian Resor Kota Besar  Medan mengerahkan sebanyak 713 personel gabungan dalam pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di daerah itu.

"Dari 713 personel gabungan terdiri atas TNI, Dishub, Pol PP, dan lainnya untuk bersiaga di pos pelayanan terpadu, pos pelayanan, dan pos pengamanan," kata Kepala Polrestabes Medan Kombes Pol Teddy Jhon Sahala Marbun dalam apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba di Lapangan Polrestabes Medan, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya juga mendirikan 19 pos yang terdiri atas 16 pos pengamanan, dua pos pelayanan, dan satu pos terpadu yang tersebar di wilayah ini.

Adapun lokasi pos pengamanan di antaranya Jalan Asrama, Jalan Gatot Subroto, SPBU SP Cemara, depan pusat perbelanjaan, simpang Tuntungan, Park Zoo, Tirtanadi, Tol Haji Anip dan lainnya.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 agar memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat," kata Teddy.

Secara keseluruhan, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menyiapkan lebih dari 12.000 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Polda Sumut menyiapkan lebih dari 102 pos pengamanan, 12 pos terpadu dan 79 pos pelayanan yang tersebar di Sumut tersebut.

"Pengamanan itu akan tersebar di berbagai tempat, diantaranya rumah ibadah yang digunakan perayaan Natal dan tahun baru maupun ruas jalan," ujar Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi.

Agung mengatakan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 bersamaan dengan hari libur sekolah. Mengacu pada survei dari Kementerian Perhubungan, Sumut berada di peringkat kelima terkait titik keberangkatan kendaraan di seluruh Indonesia.

"Untuk itu, kami menyiapkan rute perjalanan masyarakat untuk liburan dan perayaan Natal dan Tahun Baru dengan baik dan juga adanya moda transportasi yang cukup memadai," ucapnya.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023