Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan (Kanim TBA) mengadakan kegiatan refleksi akhir tahun 2023 sebagai momen mengevaluasi pencapaian dan kinerja setahun terakhir dengan capaian kinerja sangat positif dan melampaui target, Senin (18/12).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi TBA, Wawan Anjaryono memberikan paparan mengenai pencapaian kinerja Imigrasi sepanjang tahun 2023 yang mengalami surplus dalam capaian Pendapatan Negara Bukan Pajak atau PNBP.

Wawan menjelaskan, meski Imigrasi  dihadapkan pada berbagai rintangan dan hambatan, namun kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan tetap berhasil memberikan pelayanan keimigrasian yang baik kepada masyarakat.

"Walaupun ada rintangan dan hambatan kinerja, kami (Imigrasi TBA)  menunjukkan hal yang sangat positif dimana semua target yang ditetapkan dapat tercapai bahkan melebihi target," kata Wawan.

Menurut Wawan, beberapa pencapaian meliputi target PNBP tahun 2023 sebesar Rp4.585.500.000,- dimana pada akhir tahun 2023 mencapai Rp18.020.850.000,- (393 persen) atau surplus Rp13.435.050.000,-

Dalam pelaksanaan kegiatan berbasis anggaran, Imigrasi TBA juga mampu merealisasikan anggaran hingga mencapai 96,48 persen. Demikian halnya dengan pelayanan keimigrasian dimana penerbitan dokumen perjalanan Republik Indonesia mencapai 43.134 permohonan.

Sedangkan penerbitan Izin Tinggal bagi warga negara asing mencapai 143. Di tahun 2023 Kanim TBA juga sukses melaksanakan pemusnahan arsip substantif keimigrasian dengan total 55.093 berkas. 

"Kanim TBA juga berhasil mendapatkan penghargaan predikat unit kerja pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia (HAM) dalam rangkaian peringatan hari HAM sedunia ke 75 dari Menteri Hukum dan HAM RI," kata Wawan dalam paparannya.

Diakhir paparannya, Wawan Anjaryono mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran yang telah berkontribusi dalam mencapai target kinerja tahun 2023 dengan sangat baik. 

Ia juga mendorong semangat dan kerjasama tetap terjaga untuk menyongsong tahun 2023 dengan komitmen disiplin serta mengedepankan sinergi dan kolaborasi demi mewujudkan Kemenkumham yang semakin pasti dan berakhlak.

Sebelumnya, Kepala Divisi Keimigrasian yang diwakili oleh Imam Santoso selaku Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian menyampaikan bahwa Kantor Imigrasi TBA berhasil menutup tahun dengan kinerja yang sangat positif.

"Melampaui target yang ditetapkan, ini menunjukkan Kanim TBA mengalami kemajuan yang signifikan
sehingga Kantor Imigrasi TBA siap  untuk naik kelas dari Kelas II menjadi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Balai Asahan," ujar Imam Santoso.

Acara refleksi akhir tahun ini dihadiri sejumlah pejabat dan pegawai Kantor Imigrasi TBA dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian di Tanjung Balai Asahan.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023