Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Utara menggembleng 24 taekwondoin terbaiknya secara maksimal baik fisik maupun teknik untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

"Dengan kekuatan 24 atlet, kita target 5 emas di PON mendatang," kata Pelatih Taekwondo PON Sumut Tulus Abdiansyah di Medan, Jumat.

Ia mengatakan, sejauh ini atlet yang dipersiapkan untuk menghadapi PON mendatang, progressnya cukup baik. Teknik maupun stamina terus menunjukkan kemajuan yang diharapkan bisa bersaing dengan atlet dari daerah lainnya nanti di PON.

Meski demikian, pihaknya mengharapkan para taekwondoin Sumut yang sedang menjalani program pelatda jangka panjang KONI Sumut segera dapat dilakukan training camp.

"Keinginan kami, atlet taekwondo dilakukan training camp. Ini harus dilakukan, agar persiapan untuk PON 2024 lebih matang.Training camp ini harus dilakukan mengingat intensitas latihan para atlet terus meningkat. Saat ini saja, sehari atlet latihan dua hari," katanya.

Pelatih lainnya, M Reza menambahkan, bila persoalan yang dihadapi taekwondo Sumut hanya training camp tersebut. Keinginan itu, katanya, sama dengan cabang lainnya yang telah dilakukan TC di wisma atlet dan lainnya.

"Kalau atlet sudah masuk dalam training camp, atlet sudah terpantau. Kondisi sekarang, atlet harus datang latihan dan pulang ke rumah atau kos mereka masing-masing. Sedangkan latihan sehari dua kali," jelas Reza.

Di PON 2024, sebanyak 22 emas diperebutkan dan taekwondo Sumut persiapkan 24 atlet dengan rincian 14 atlet akan turun di Kelas kyorugi dan 10 atlet di kelas poomsae dan free style.

Sedangkan prestasi teranyar taekwondo Sumut, tampil sebagai juara umum kejuaraan Taekwondo Piala Kemenpora Republik Indonesia Bekasi Open Championship 2023 dengan raihan 12 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Soal training camp ini juga dilontarkan atlet. M Mardansyah Siregar yang akan tampil di kelas kyorugi U 74 kg, mewakili atlet mengaku bila training camp memang dibutuhkan untuk fokus persiapan PON 2024.

"Selama ini kami tidak ada masalah dalam latihan, segala kebutuhan dipenuhi. Vitamin, buah dan peralatan latihan yang kami butuhkan disiapkan," tutur Mardan yang meraih emas di kejuaraan Taekwondo Piala Kemenpora.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023