Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) kembali meluncurkan program corporate social responsibility kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Kali ini adalah giliran Kelompok Program (KLP) Sejahtera Desa Huta Raja, Kecamatan Panyabungan Selatan. Kelompok ini mendapat bantuan sebanyak 15 ribu ekor bibit ikan lele.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Koordinator Community Development, Ngalim kepada ketua KLP Sejahtera, Amiruddin pada Selasa (5/12) dan disaksikan seluruh anggota kelompok.

Ngalim, mewakili pimpinan PT SMGP, Jumat (8/12) mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian perusahaan kepada masyarakat dalam membantu meningkatkan perekonomian warga di desa-desa yang berada di wilayah kerja panas bumi PT SMGP.

Ngalim berharap bantuan ini dikelola dengan baik melalui kerja sama dan gotong royong anggota kelompok. 

Ia menyampaikan, tim community development perusahaan akan memberikan pendampingan kepada kelompok peternak dalam menuntaskan kendala yang dihadapi selama menjalankan usaha ini.

"Kita ingin usaha ini dapat berkembang dan berkelanjutan. Tentunya diperlukan kerja sama dan sama-sama bekerja anggota kelompok. Semua anggota harus terlibat, gotong royong, sehingga setelah panen nanti unit usaha ini bisa bertambah. Ini yang diharapkan perusahaan agar ekonomi masyarakat bisa tumbuh dan berkembang," kata Ngalim

Kata dia, program ini tidak dibuat begitu saja, melainkan terlebih dahulu dilakukan pemetaan potensi desa masing-masing.

"KLP Sejahtera ini salah satu dari puluhan kelompok masyarakat yang sudah kita salurkan bantuan. Dan, ini telah dilakukan mapping tahun lalu, kita diskusi dengan masyarakat terkait unit usaha yang cocok dikembangkan sesuai potensi di desa," ujarnya.

Wakil Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP, Ali Sahid berharap kehadiran perusahaan dapat membantu perekonomian di desa sustainable atau berkelanjutan. Sehingga apabila SMGP telah menyelesaikan proyeknya, masyarakat tetap bisa produktif melalui unit usaha yang sudah dibantu selama ini.

Sementara itu, Ketua KLP Sejahtera Desa Huta Raja, Amiruddin mengucapkan terima kasih kepada PT SMGP atas bantuan yang sudah diberikan kepada masyarakat khususnya kepada kelompok.

Ia menyebut budidaya ikan lele ini masih menjanjikan, karena pangsa pasarnya masih terbuka lebar.

"Kami yakin budidaya lele ini cukup bagus peluangnya karena masih dibutuhkan masyarakat terutama pedagang pecal lele yang saat ini semakin menjamur. Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan PT SMGP yaitu pak Terry dan pak Ali Sahid khususnya pak Ngalim yang selalu setia mendampingi masyarakat," ungkapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023