Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Sumut Wilayah IX memberikan bantuan uang sebesar Rp133 juta dan bahan pangan seberat 1,7 ton untuk korban bencana banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan (Humbahas), Selasa (5/12).

"Uang tunai Rp133 juta ini dikumpulkan melalui sumbangan dan aksi peduli kemanusiaan dari seluruh sekolah yang menjadi bagian dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX," ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Sumut Alfred Silalahi.

Sementara untuk pangan, Alfred merinci terdiri dari satu ton beras, 400 kilogram minyak goreng, 350 kilogram gula pasir, tujuh rak telur, 35  kardus mi instan. Di luar itu, masih ada pula pakaian-pakaian layak pakai.

Adapun dana sebesar Rp133 juta diberikan kepada dua pihak yakni Rp83 juta untuk masyarakat dan Rp50 juta untuk siswa-siswi SMA-SMK yang menjadi korban.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat mengurangi beban para korban, termasuk anak didik kami. Kami berharap situasi ini segera pulih supaya para murid bisa bersekolah seperti semula," tutur Alfred.

Dia pun meminta masyarakat korban bencana di pengungsian supaya tetap sabar dan menjaga kesehatan. Alfred pun mengingatkan orang tua untuk memperhatikan kesehatan anak-anaknya.

"Tetap bersabar dan semangat, yang terpenting menjaga kesehatan. Kami ikut merasakan kesedihan. Tidak hanya siswa, bahkan guru kita pun ada yang jadi korban, rumahnya tertimbun longsor," kata Alfred.

 

 

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023