Sedikitnya 70 persen atau delapan ribuan jaringan air bersih pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang Padangsidimpuan terganggu akibat air tidak jalan lancar.

Kepala PDAM Tirtanadi Cabang Padangsidimpuan Malintang Harahap dihubungi ANTARA, Jumat, mengatakan diduga ada pipa primer yang putus dan mengakibatkan suplay air bersih pelanggan terganggu.

"Dugaan sementara pipa primer putus. Pasalnya air yang dikumpul untuk pelanggan  di reservoir  malam tadi tidak jalan," jelasnya.

Sejumlah anggota (teknik), kata Malintang, sudah turun ke lapangan mencari tahu titik koordinat pipa yang putus. 


"Prakiraan kita pipa primer putus di daerah Desa Sisundung Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan akibat luapan Sungai Batang Angkola, dan bisa juga akibat longsor," katanya.

Menurut dia, beberapa hari ke belakang hujan deras melanda wilayah tersebut dan mengakibatkan permukaan air Sungai di daerah Desa Sisundung meluap.

"Kiranya masyarakat Padangsidimpuan- Tapsel khususnya pelanggan PDAM Tirtanadi bersabar. Yang jelas kami akan bekerja keras untuk mencari tahu penyebab terjadinya jaringan pipa rusak tersebut," tutup Malintang.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023