Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara yang merupakan UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan Sosialisasi Produk Penerjemahan yang merupakan program Kelompok Keahlian Layanan Profesional (KKLP) Penerjemahan. 

Sosialisasi yang berlangsung di medan, Senin (27/11) tersebut melibatkan 52 peserta yang berasal dari komunitas literasi di wilayah Kota Medan, Binjai, dan Deliserdang (mebidang), sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah negeri maupun swasta yang berada di Kota Medan dan Deliserdang, serta Duta Bahasa Sumatera Utara. 

Sosialisasi ini merupakan kegiatan tahap akhir dari beberapa rangkaian kerja yang sudah dimulai sejak awal tahun. 

Adapun produk yang diluncurkan sebanyak 70 produk yang berasal dari karya 10 orang pemenang Sayembara Menulis Cerita Anak Dwibahasa, hasil Bimtek Penerjemahan Cerita Anak, penerjemahan Naskah Budaya Bahasa Daerah dan hasil Bimtek Juru Bahasa Isyarat. 

Produk-produk penerjemahan ini merupakan bagian dari ikhtiar Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara dalam mendukung pemajuan Gerakan Literasi Nasional yang diimplementasikan melalui penerbitan buku bacaan bermutu. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada elemen pendidikan yang meliputi keluarga, sekolah, serta masyarakat. Dengan pelibatan seluruh elemen ini, diharapkan dapat mendongkrak daya baca anak bangsa khususnya pada tingkat sekolah dasar. 

Keseluruhan produk ini merupakan representasi dari kearifan lokal Sumatera Utara, untuk itu diharapkan dapat mendorong penguatan pendidikan karakter sebagai ruh dan fondasi pendidikan. 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Hidayat Widiyanto, M.Pd. menyebutkan  Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Penerjemahan menghasilkan 70-80 produk penerjemahan yang sebagian besar merupakan cerita anak bahasa Indonesia dan ada yang berbahasa daerah. 

Diharapkan produk terjemahan ini bisa meningkatkan kecakapan literasi di lingkungan rumah dan sekolah masing-masing. 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan cerita anak oleh siswa yang menjadi peserta sosialisasi, penguatan peran BBPSU dalam meningkatkan literasi di Sumatera Utara oleh Hidayat Widiyanto, M.Pd., dan sosialisasi terjemahan produk Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara oleh Yolferi, S.S.,M. Hum. 

Kegiatan diikuti oleh peserta didik, guru, perwakilan komunitas literasi, dan media massa yang ada di Kota Medan, Binjai, dan Deli Serdang. Kegiatan berjalan dengan sangat seru dan menyenangkan, serta diakhiri dengan diskusi terkait buku bacaan bermutu. 

Acara ditutup dengan pembagian buku cerita anak produk Balai Bahasa Sumatera Utara Tahun 2023 kepada perwakilan sekolah yang hadir pada acara ini.



 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023