Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke 78 Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah daerah setempat, Sabtu (25/11).

Dalam amanatnya, Wali Kota Waris  menyampaikan pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset
dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, yang menyatakan  optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar.

Disebutkan Wali Kota, pada tahun pertama Merdeka Belajar menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.  Kemudian, menerapkan asesmen Nasional agar semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif dan menyenangkan.

Dimana lingkungan belajar dimaksud untuk menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Berikutnya meluncurkan Kurikulum Merdeka  yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitas dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.
 

"Ruang untuk belajar dan berbagi diantara sesama guru kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka," sebut Mendikbud dan Ristek yang dibacakan Wali Kota.

Usai upacara, Wali Kota memberikan bouquet (karangan bunga) kepada Ketua TP PKK Ny.Hj Fatiah Haitami Waris yang juga merupakan seorang guru, serta kepada sejumlah guru senior lainnya.

Sesuai catatan, perwira upacara adalah Plt Kepala Dinas Pendidikan Mariani sebagai, dan Komandan upacara adalah Junaidi, Guru SMPN 10 Kota Tanjung Balai.

Peringatan HGN ke 78 tahun ini juga diisi penampilan tarian kolosal multi etnis oleh siswa-siswi SMPN 7, drumband SMPN 5 dan SMPN 1, pemberian hadiah kepada pemenang  lomba media pembelajaran video inovatif literasi dan numerasi, serta pemenang lomba promosi wisata kuliner masakan khas daerah dan lomba menyanyi solo.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023