Dua anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kota Tanjung Balai, Nazmi Hidayat Sinaga dan Fitra Ramadhan Panjaitan lolos menjadi komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah setempat, periode 2023-2028.

Nazmi Hidayat Sinaga ditetapkan menjadi komisioner Bawaslu Kota Tanjung Balai periode 2023-2028, dan sudah dilantik pada Sabtu 19 Agustus 2023 lalu di Jakarta untuk mengemban tugas pengawalan jalannya Pemilu di Tanjung Balai lima tahun ke depan.

Sedangkan Fitra Ramadhan Panjaitan ditetapkan sebagai komisioner KPU Kota Tanjung Balai Periode 2023-2028 berdasarkan pengumuman KPU RI Nomor 117/SDM.12-PU/04/2003, tanggal 28 Oktober 2023 yang ditandatangani Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, dan akan dilantik pada hari ini.

"Hari ini kami akan dilantik oleh Ketua KPU RI. Pelantikan dijadwalkan pada pukul 15.00 WIB. Ini saya sudah di Jakarta," ujar Fitra saat dihubungi dari Tanjung Balai, Senin (30/10).

Sesuai catatan, Nazmi Hidayat Sinaga merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Asahan (UNA). Saat menjadi mahasiswa, ia aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan selalu melakukan demonstrasi mengkritik kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat.

Sebelum memulai profesi sebagai wartawan (koranmedan.com), Nazmi dulunya aktif di pergerakan sosial dan anti korupsi. Ia terjun ke dunia jurnalistik tahun 2018 akhir, dan pada Desember 2021 mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda, dan dinyatakan Kompeten.

Hasil Konferensi  VI  PWI Tanjung Balai, Nazmi terpilih sebagai Wakil Sekretaris PWI Kota Tanjung Balai yang ditetapkan melalui Surat Keputusan PWI Provinsi Sumatera Utara Nomor 55/SK/PWI-SU/I/2023 tentang Susunan Pengurus PWI Kota Tanjung Balai Periode 2022-2025.

Sedangkan Fitra Ramadhan Panjaitan merupakan alumni Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FKIP-UMSU) dan pernah menjadi Wakil Ketua BEM-FKIP Universitas tempatnya menimba ilmu.

Usai menamatkan kuliahnya, melalui lembaga Predator (Pergerakan Pemuda Anti Koruptor), Fitra aktif di dunia gerakan menyoroti masalah sosial maupun kinerja pemerintah yang terindikasi melakukan korupsi di Kota Tanjung Balai.

Pada awal 2019, Fitra memilih profesi wartawan (RealitasOnline.id) sebagai sarana untuk tetap bisa mengkritisi kinerja dan kebijakan pejabat pemerintah. Setelah mengikuti UKW pada 2022, ia dinyatakan sebagai wartawan kompeten jenjang Muda.

Sama seperti Nazmi, pada Konferensi
 VI PWI Tanjung Balai, Fitra Ramadhan Panjaitan terpilih sebagai Wakil Ketua PWI Kota Tanjung Balai yang ditetapkan dalam SK PWI Provinsi Sumatera Utara Nomor 55/SK/PWI-SU/I/2023.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023