Sebanyak empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) lolos mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke Gwangju, Korea Selatan, mulai dari 31 Oktober hingga 8 November 2023.

Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto di Medan, Jumat, mengatakan, pertukaran mahasiswa tersebut merupakan program Pemkot Medan bekerja sama dengan Pemkot Gwangju, Korea Selatan. Keberangkatan ke empat mahasiswa tersebut juga langsung dilepas oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Tentu bukan tanpa alasan Pemkot Medan menunjuk UMSU menjadi bagian dari program ini. Ini program yang sangat luar biasa untuk pendidikan tinggi. Selamat kepada anak-anak kami yang mewakili UMSU dan Kota Medan lolos pada program ini," katanya. 

Rudianto menjelaskan program tersebut sejalan dengan visi UMSU menjadi perguruan tinggi yang bereputasi global untuk membangun peradaban. Cara membangun peradaban global salah satunya lebih banyak interaksi dengan negara luar.

Keempat mahasiswa UMSU yang lolos mengikuti program itu yaitu Nesya Alya Fayyaza (Fakultas Kedokteran), M. Ilham Firdaus (FAI), Elza Ahmad Raihan (FIKTI) dan Salsabila Maisah Andani (FEB). Para mahasiswa tersebut dipilih berdasarkan prestasi, berkompeten, dan pertimbangan.
Sementara perwakilan Pemkot Medan Seri Inderahayu menyampaikan pesan agar mahasiswa mengikuti semua program sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Mohon diikuti aturan yang ada sesuai dengan pembekalan yang dilakukan. Selama di sana dapat memberikan hal yang baik dan dibawa ke kota Medan. Ambil lah hal-hal yang positif," pesan Ayu.

Salsabila Maisah Andani dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU mewakili mahasiswa yang terpilih mengikuti pertukaran mahasiswa ke Korea Selatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada universitas, pemkot, dan orang tua yang telah mendukungnya mengikuti program tersebut.

"Ini merupakan kesempatan yang luar biasa, saya merasa sangat bangga. Terima kasih kepada universitas yang selalu mendukung mahasiswanya untuk berprestasi. Semoga kami bisa membawa nama baik Pemkot Medan dan UMSU," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023