Anggota Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Labuhanbatu Utara Rahmat Efendi Tambunan SE MSi menjadi narasumber kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan di Desa Kualaberingin Kecamatan Kualuhhulu, Rabu (25/10).

Acara tersebut dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Kualaberingin yang dipimpin Kadesnya Syamsir Tampubolon. Sebagai peserta adalah perangkat desa, TP PKK serta sejumlah guru yang ada di desa tersebut.

Dalam sambutannya Syamsir Tampubolon berharap, melalui kegiatan itu maka pemahaman masyarakat terkait hak anak dan perempuan semakin baik. Dengan demikian, maka upaya pencegahan tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan juga lebih optimal.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, kita semakin memahami bagaimana bertindak sehingga kekerasan terhadap anak dan perempuan dapat dicegah," ujarnya dalam acara yang diikuti sekitar 50 peserta itu.
 

Sedangkan Komisioner KPAD Labura Rahmat Efendi Tambunan pada kesempatan itu menyampaikan bagaimana cara mencegah tindak kekerasan tersebut.

Mantan komisioner KPU Labura itu menyebutkan, untuk melakukan pencegahan tersebut harus diawali dari lingkungan rumah tangga. "Biasakan berkomunikasi dengan anggota keluarga. Dengan demikian, jika ada persoalan lebih mudah untuk diantisipasi," katanya.

Selain itu, peran lingkungan juga sangat besar dalam mencegah tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan. Dengan peduli terhadap apa yang terjadi di lingkungan, maka pencegahan atas dua hal itu juga semakin berhasil baik.

Kegiatan yang berlangsung sederhana dan santai itu diisi dengan tanya jawab. Kaum ibu yang hadir terlihat antusias terbukti dengan banyaknya yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan.

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023