Badan Siber dan Sandi Negara sebagai instansi yang berfokus pada bidang keamanan siber menggelar kegiatan edukasi dalam meningkatkan kemampuan publik dalam memahami kebenaran informasi yang diterima dari berbagai media pemberitaan daring dan media sosial, serta kesadaran keamanan siber dalam meningkatkan kemampuan masyarakat dalam beraktivitas di ruang siber secara bijak dan aman melalui kegiatan literasi dengan tagar "JagaRuangSiber".

Kegiatan literasi yang menghadirkan 1.000 peserta yang terdiri dari perwakilan siswa setingkat SMA di wilayah Tarutung mengambil tema peningkatkan kompetensi raih prestasi di ruang siber yang digelar di Sopo Partungkoan Tarutung, Tapanuli Utara.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya warga Tarutung tentang keamanan siber, meningkatkan kesadaran atau 'awareness' kepada masyarakat terhadap keamanan siber dan edukasi tentang keamanan siber, serta membangun budaya positif masyarakat," sebut Kepala BSSN Hinsa Siburian, Rabu (25/10).

Hinsa Siburian yang merupakan pria kelahiran Tarutung itu pun juga mengingatkan pentingnya filosofi hidup "Dalihan Na Tolu" yang dimaknai secara umum sebagai tungku yang memiliki tiga dasar penopang yang tegak dan memberikan keseimbangan kepada pemuda-pemudi Tarutung.

Dia juga memotivasi agar pemuda-pemudi Tarutung terus belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita dan tujuan. 

"Kemajuan teknologi yang pesat tidak serta-merta datang begitu saja. Namun karena adanya penelitian dan riset yang berkesinambungan yang diartikan proses belajar yang tiada henti. Tugas kalian sebagai pelajar adalah belajar dengan keras," ujar Hinsa.

Kepala BSSN Hinsa juga menggelorakan semangat Jaga Ruang Siber dalam setiap aktivitas di ruang siber serta mengenalkan Politeknik Siber dan Sandi Negara kepada siswa-siswi SMA di daerah Tarutung sebagai salah satu tujuan untuk
melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik kehadiran BSSN di Tapanuli Utara dan berharap agar kegiatan itu menjadi role model bagi pemuda-pemudi Tarutung untuk mencapai cita-cita dan tujuan.

"Pemuda-pemudi Tarutung harus bisa menggunakan media sosial dengan penuh
tanggung jawab dan beretika," ujarnya.

Kegiatan literasi turut dihadiri Sekretaris Utama BSSN YB Susilo Wibowo, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN Berty Sumakud, Juru Bicara BSSN Ariandi Putra serta Pejabat Forkopimda Kabupaten Tapanuli Utara.

Kegiatan literasi juga menampilkan sketsa komedi dari Derry 4 Sekawan dan Farly SMS dan ditutup dengan hiburan dari Penyanyi asal Tarutung Nia Tobing.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023