Dalam peringatan Hari Santri Nasional 2023, Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib mengajak dan mengimbau warga masyarakat mendukung keberadaan serta pendirian pondok pesantren (Ponpes) di daerah setempat.

Ajakan tersebut disampaikan Wali Kota saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri 2023 dengan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Tanjung Balai, Minggu (22/10).

"Kita sudah mulai memiliki pondok-pondok pesantren, atasnama pemerintah daerah saya mengimbau warga mendukungnya dengan cara menyekolahkan anak-anak kita ke Pesantren," ujar Waris.

Ia melanjutkan, Pemkot Tanjung Balai sangat pendukung berdirinya pesantren meskipun itu hanya pondok Tahfiz, yang mana santri-santrinya diharapkan menjadi Hafiz maupun Hafizah, sehingga kedepannya satu rumah satu penghafal Qur'an bisa terwujud.
 

"Mari kita do'akan semoga para santri, khususnya yang di Tanjung Balai semangat belajarnya selalu menebar kebaikan, jihad fisabilillah dan senantiasa memperbaiki diri menuju Taqwa," kata Waris. 

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Upacara peringatan Hari Santri di Kota Tanjung Balai ini dihadiri unsur Forkopimda, Ketua TP.PKK H.Fatiah Haitami Waris, Kakan Kemenag H. Al Ahyu, Ketua MUI H.Hazarul Aswadi, jajaran OPD, FKUB dan Ormas keagamaan diantaranya PC.NU dan PD Al-washliyah Kota Tanjung Balai.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari santri/santri Wali pondok pesantren dan Tahfiz Qur'an, serta siswa/siswi SMP/Sederajat, yang diperkirakan mencapai 700 orang.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023